RABU , 14 NOVEMBER 2018

Lima Daerah Terima Penghargaan Keterbukaan Informasi Dari KI

Reporter:

Irsal

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 30 Desember 2017 13:10
Lima Daerah Terima Penghargaan Keterbukaan Informasi Dari KI

KI) Sulsel memberikan penganugerahan kepada lima daerah terkait keterbukaan informasi di Meeting Room Hotel Condotel Karebosi, Jalan Jend M Jusuf, Makassar, Jumat (29/12) kemarin. Foto: Irsa/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Informasi (KI) Sulsel memberikan penganugerahan kepada lima daerah terkait keterbukaan informasi di Meeting Room Hotel Condotel Karebosi, Jalan Jend M Jusuf, Makassar, Jumat (29/12) kemarin.

Adapun daerah yang mendapat penganugerahan keterbukaan informasi publik tahun 2017 berdasarkan peringkatnya antara lain, Luwu Utara (Lutra), Sinjai, Makassar, Pare-pare dan Barru.

Ketua KI, Pahir Halim mengatakan, KI setiap tahun melakukan pemeringkatan keterbukaan informasi pada badan publik sebagai upaya untuk mengetahui tingkat kepatuhan badan publik dalam melaksanakan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Kegiatan pemeringkatan badan publik ini, lanjut dia, merupakan program kerja tahunan KI Sulsel yang diharapkan badan publik terus melakukan inovasi dalam keterbukaan informasi publik.

“Pelayanan publik yang baik di semua elemen pemerintahan duharaokan oleh semua kalangan masyarakat, karena keterbukaan informasi bisa menghadirkan prinsip pengelolaan pemerintahan yang baik,” tuturnya.

Dia menambahkan, adanya penganugrahan ini bisa mendorong terjadinya layanan publik yang baik . Dari 24 kabupaten/kota yang telah menerima kusioner hanya ada 13 yang mengembalikan sehingga itulah yang dikerucutkan menjadi 5 nominator.

 

Wakil Ketua Komisi Informasi Publik Sulsel, Andi Muhammad Ilham menuturkan, penghargaan yang diterima beberapa daerah tersebut tidak didapatkan dengan mudah tetapi melalui beberapa proses, diantaranya sukses dalam memberikan pelayanan keterbukaan informasi publik.

“Tolak ukurnya karena daerah-daerah ini paling akitif memberikan pelayanan keterbukaan informasi publik. Jadi dari 5 nominator itu yang mendapat peringkat pertama adalah Luwu Utara, baru Sinjai, Makassar, Pare pare dan Barru,” jelasnya. (*)


div>