JUMAT , 14 DESEMBER 2018

Lima Komisioner KPU Purnabakti 24 Mei 2018

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 29 September 2017 11:45
Lima Komisioner KPU Purnabakti 24 Mei 2018

ILUSTRASI. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Masa jabatan lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel akan berakhir pada 24 Mei 2018. Proses peralihan ini dinilai bisa mengganggu tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel, apalagi pencoblosan akan dilakukan 27 Juni 2018.

Sesuai aturan, jika masa jabatan berakhir, komisioner KPU tetap harus berganti. Sedangkan, tahapan pilgub tetap berjalan. Pasalnya, sejauh ini belum ada aturan perpanjangan masa jabatan komisioner KPU. Sementara, proses rekrutmen  komisioner yang baru, akan dimulai Januari 2018.

Mantan Komisioner KPU Pusat Periode 2013-2017, Hadar N Gumay, yang dikonfirmasi terkait hal tersebut, enggan berkomentar. Alasannya, masa kerjanya sebagai komisioner KPU juga telah berakhir sejak April 2017 lalu.

“Maaf mas, saya bukan lagi anggota KPU RI. Masa kerja saya berakhir 11 April lalu, dan saya sementara ikut seleksi lagi,” kata Hadar, saat dikonfirmasi.

Namun, menurut Hadar, setiap komisioner KPU yang masa jabatannya berakhir menjelang pilkada, seharusnya melakukan seleksi rekruitmen baru. “Seharusnya jika masa berakhir, perlu rekruitmen baru,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, mantan Ketua Tim Seleksi Anggota KPU Sulsel 2013 lalu, Adi Suryadi Culla, mengatakan, pihaknya belum menerima informasi terbaru terkait jadwal pelaksanaan seleksi komisioner KPU Sulsel yang baru.

“Itu kan memang menunggu instruksi dari pusat mengenai seleksi komisioner KPU yang baru, sampai sekarang memang belum jelas kapan. Apakah seleksinya akan dilakukan awal bulan tahun depan,” kata Adi.


div>