KAMIS , 22 FEBRUARI 2018

Lima Parpol di Parepare Ini Belum Penuhi Syarat Verifikasi Faktual

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Jumat , 02 Februari 2018 19:05
Lima Parpol di Parepare Ini Belum Penuhi Syarat Verifikasi Faktual

int

PAREPARE, RAKSUL.COM-Dari hasil verifikasi faktual terhadap 12 Partai Politik (Parpol) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, terdapat lima Parpol yang belum memenuhi syarat. Lima parpol tersebut yaitu PKB, PAN, Gerindra, Hanura, dan Golkar.

Hal itu diungkap Ketua KPU Parepare, Nurnahdiyah kepada 12 Parpol, saat menyerahkan hasil verifikasi faktual di kantor KPU Parepare, Kamis, (2/2/2018).

Nur Nahdiyah mengatakan, kelima parpol tersebut berkewajiban melakukan perbaikan pada masa perbaikan yang telah ditetapkan KPU.

“Adapun masa perbaikannya hingga 5 Februari,” ujar Nur Nahdiyah.

Lebih lanjut Nur Nahdiyah mengatakan, ada beberapa indikator sehingga kelima parpol tersebut dinyatakan belum memenuhi syarat, seperti Anggota Partai tidak hadir saat verifikasi faktual dilaksanakan, domisili kantor, serta keterwakilan perempuan, sebanyak 30 persen dari jumlah anggota.

“Ada anggota inti seperti Ketua, Sekretaris, dan Bendahara yang tidak ada di tempat, dan ada keanggotaan partai yang tidak cukup, sehingga Parpol harus mengumpulkan kembali untuk Verifikasi Faktual. Ini harus dilakukan, karena kalau tidak Parpol yang bersangkutan tidak bisa jadi peserta pemilu dan mengusulkan calonnya,” papar Nur Nahdiyah.

Sementara Wakil Sekretaris DPc Hanura Parepare, Sudirman Sake mengaku, akan segera menindaklanjuti perbaikan yang diminta KPU Parepare.

“Kami belum memenuhi syarat pada kepengurusan Parpol yang belum terverifikasi karena tidak ada di tempat pada waktu itu. Itu segera kami tindaklanjuti sebelum masa perbaikan berakhir,” aku Sudirman.(MP1/Nia)


div>