SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Lima Penghargaan dan Akreditasi Lima Puskesmas, Parepare Menuju Kota ‘Medical Tourism’

Reporter:

Editor:

niar

Senin , 13 November 2017 19:21
Lima Penghargaan dan Akreditasi Lima Puskesmas, Parepare Menuju Kota ‘Medical Tourism’

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Menuju kota industri tanpa cerobong asap melalui pelayanan kesehatan, Pemerintah Kota Parepare berhasil menyabet sejumlah penghargaan di bidang kesehatan di tingkat regional, Sulsel pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53.

Selain lima penghargaan tersebut, lima Puskesmas di Kota Parepare juga mendapat pengakuan sebagai Puskesmas yang terakreditasi. Kelima Puskesmas tersebut, yaitu, Puskesmas Madising na Mario, Puskesmas Cempae, Lakessi, Lompoe, dan Puskesmas Lumpue.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, dr Muhammad Yamin menguraikan, Parepare diakui sebagai kota Open Defecation Free (ODF) pertama di Sulsel karena terbaik dengan cakupan 100 persen Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“Untuk lima Puskesmas yang terakreditasi, berkaitan dengan mutu semua pelayanan kesehatan di puskesmas,” papar dr Muhammad Yamin.

10 penghargaan yang berhasil dipersembahkan Pemkot Parepare di bidang pelayanan kesehatan ini kata Yamin, diharap menjadi sebuah langkah kongkrit menuju Parepare sebagai kota Industri Pelayanan Kesehatan menuju kota ‘Medical Tourism’.

Adapun 10 penghargaan yang berhasil ditorehkan Parepare pada peringatan HKN ke 53 tingkat Sulsel, yaitu sebagai berikut.

1. Penghargaan sebagai kota Open Defecation Free (ODF) pertama di Sulsel.

2. Terbaik kedua Universal Coverage dengan persentase masyarakat yang telah dijamin dalam pelayanan BPJS Kesehatan hingga 88.91 persen.

3. Pengelola SDMK terbaik ke 3 di Sulsel

4. Juara III Lomba Sekolah Sehat (LSS) SLTA/SMK/MA yang diraih SMK Negeri 2 Kota Parepare.

5. Juara Harapan I Puskesmas berprestasi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2017 yang diraih oleh Puskesmas Lakessi, Kecamatan Soreang.

6. Akreditasi Puskesmas Madising na Mario

7. Akreditasi Puskesmas Cempae

8. Akreditasi Puskesmas Lakessi

9. Akreditasi Puskesmas Lompoe

10 Akreditasi Puskesmas Lumpue.


div>