SENIN , 22 OKTOBER 2018

LIPI Edukasi Warga Parepare, Dari Cara Menanam Hingga Membuat Kompos

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 27 April 2018 11:21
LIPI Edukasi Warga Parepare, Dari Cara Menanam Hingga Membuat Kompos

int

– Bagikan Dua Ribu Bibit Tanaman Unggulan

PAREPARE, RAKSUL.COM-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar diseminasi program tanaman unggulan di Balai Ainun, Kota Parepare, Jumat, (27/4/2018).

Edukasi yang dikemas dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat, mulai cara bercocok tanam hingga membuat pupuk kompos ini dihadiri Anggota DPR RI Komisi VII, Andi Jamarro Dulung.

Menurut Kepala Bidang Inkubasi dan Alih Teknologi Pusat Inovasi LIPI, Sasa Sofyan Munawar, kegiatan itu dilakukan untuk penyebarluasan hasil penelitian LIPI di bidang hayati.

“Kita gandeng pemerintah daerah setempat untuk menyosialisasikan teknik budidaya tanaman. Tanaman yang kita sosialisasikan ini berdasarkan request daerah Parepare, tentu sesuai dengan konteks daerahnya. Alhamdulillah masyarakat sangat antusias,” papar Sasa Sofyan Munawar.

Selain tujuan penyebarluasan hasil penelitian, pihaknya juga berharap dengan kegiatan itu bisa “menghijaukan bumi”. “Kalau tertutup dengan tanaman, bumi akan hijau. Cadangan air juga terjaga. Selain itu, banyak sampah yang berasal dari dedaunan, dari dapur sehingga kita edukasi untuk dimanfaatkan sebagai kompos,” urai Sasa.

Para peserta yang berasal dari tokoh masyarakat, pemuda, pemuka agama, dan berbagai komunitas di Parepare ini akan diberi bibit mangga, rambutan, dan Pala yang jumlahnya mencapai 2 ribu bibit.

Sementara, Ketua Panitia Mujahidin berharap, kegiatan yang dilaksanakan oleh LIPI dengan menggandeng Dinas PKP Parepare ini dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

“LIPI juga bawa bibit, kompos sehingga peserta yang hadir bisa menerima langsung bantuan itu. Mereka juga diajari pembuatan kompos sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” harap Mujahidin.(*)


div>