JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

LKNI UMI dan Disnakertrans Sulsel Gelar Pelatihan Dasar-dasar K3

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 16 April 2018 15:31
LKNI UMI dan Disnakertrans Sulsel Gelar Pelatihan Dasar-dasar K3

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, SE, M.Si didampingi Ketua Lembaga Ketenagakerjaan Nasional Indonesia (LKNI) UMI Hasanuddin Damis, SE, MM, Ph.D membuka Pelatihan Dasar-Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3) angkatan ke XI di Kantor LKNI Kampus II UMI, Senin (16/4).

Sekedar diketahui, kegiatan ini digelar oleh LKNI UMI yang bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel yang diikuti 16 mahasiswa semester akhir dan alumni UMI,

Prof. Dr. Syahnur Said, SE, M.Si mengatakan, pelatihan ini sangat berguna bagi mahasiswa dan alumni UMI, sebagai bekal dan keterampilan dalam bersaing di dunia kerja. Menurut Permendikbud No. 81 Tahun 2014, setiap lulusan perguruan tinggi harus memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), atau semacam rekam jejak mahasiswa, jadi disamping memiliki ijazah juga memiliki surat keterangan atau sertifikat pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti.

“Setiap lulusan UMI, selain memiliki ijazah, juga memiliki SPKI berupa sertifikat pelatihan dan keterampilan, sehingga memiliki nilai tambah, sebagai bekal untuk bersaing dan masuk didunia kerja, ujar Guru Besar Fak.Ekonomi UMI ini,” ujarnya

Syahnur Said yang juga alumni Fakultas Ekonomi UMI ini berharap, pelatihan yang dilaksanakan LKNI UMI jangan hanya terbatas pada pelatihan K-3 saja, tetapi harus terus dikembangkan dengan pelatihan-pelatihan lain, sehingga mahasiswa UMI memiliki keterampilan sebagai bekal memasuki dunia kerja,

Sementara itu, Ketua LKNI UMI Hasanuddin Damis, SE, MM,. Ph.D menuturkan, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi bekal tambahan kepada calon alumni dan alumni UMI, khususnya mengenai keselamatan dan kesehatan kerja.

“Pengetahuan yang diterima selama pelatihan ini diharapkan dapat menjadi bekal di tempat kerja nantinya, karena mereka sudah memperoleh pengetahuan tentang kaidah keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja yang harus dipatuhi semua karyawan,” tuturnya.

Hasanuddin menambahkan, mereka yang memiliki sertifikat K3 menjadi salah satu prioritas persyaratan dalam penerimaan karyawan. Jadi pelatihan ini sangat membantu para alumni UMI.

Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari, menghadirkan pemateri dari unsur pimpinan UMI, Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel. (*)


Tag
div>