JUMAT , 19 OKTOBER 2018

LKPA dan LPP Kelas II Mamuju Segera Dibangun

Reporter:

Sudirman

Editor:

Lukman

Senin , 23 Juli 2018 20:20
LKPA dan LPP Kelas II Mamuju Segera Dibangun

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar

MAMUJU,RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Mamuju dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Mamuju di Kecamatan Kalukku, Mamuju, Senin, (23 /07).

Ali Baal Masdar menyampaikan, sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, pemerintah Sulbar wajib membangun sinergi dengan dengan Kantor Wilayah Kemenkumham sebagai instansi vertikal yang wilayah tugasnya berada di Sulbar. Karena keberadaan kanwil tersebut bertujuan untuk membangun, mengembangkan dan menegakkan hukum di Sulbar.

“Keberadaan Kanwil Kemenkumham di Sulbar banyak membantu. Sejauh ini kita telah melakukan kerjasama di berbagai bidang hukum dan ham, seperti harmonisasi rancangan peraturan daerah, pengawasan orang asing (keimigrasian), pemajuan hak asasi manusia, perlindungan kekayaan intelektual, pelayan dan bantuan hukum, dan kerjasama dalam pembinaan narapidana,” beber Ali.

Ali Baal juga berharap, kehadiran LPKA dan LPP di Mamuju dapat semakin membantu warga binaan menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat dan aktif berperan dalam pembangunan daerah.

“Semoga sukses atas pembangunan lembaga pembinaan khusus anak kelas II Mamuju dan lembaga pemasyarakatan kelas III Mamuju, semoga dengan keberadaan lapas ini dapat membantu mewujudkan kepastian hukum bagi masyarakat Sulbar. Untuk jalanan masuk di lapas ini akan diusulkan dan dibahas bersama di DPRD. Untuk intansi vertikal yang lain, apapun yang ingin dibangun didaerah ini sepanjang demi pembangunan Sulbar pasti kami bantu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala kanwil Hukum dan Ham Sulbar, Andi Farida mengatakan, beberapa tahun terakhir terjadi sorotan lapas yang overcrowded, kondisi yang merupakan konsekuensi logis dari meningkatnya tindak kriminal di Sulbar. Untuk itu, Gubernur menghibahkan lahan demi pembangunan LPKA dan LPP tersebut, juga akan memberikan lahan untuk pembangunan lapas di Polewali.

“Terimakasih pada Pemprov Sulbar atas hibah tanah ini. Inilah solusi dari pemerintah yaitu dengan membangun lapas yang baru. Membangun lapas anak yang berkepentingan pada perkembangan anak, harus ramah anak dan tidak seperti dengan lapas lain yang identik dengan pengamanan yang ketat dan maksimal, sehingga anak dapat kembali ke lingkungan sosial secara wajar,” tuturnya. (*)


div>