SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Lolos CAT, Tujuh Incumbet Bersaing Ketat Jadi Komisioner KPU Parepare

Reporter:

Editor:

Niar

Kamis , 11 Oktober 2018 08:53
Lolos CAT, Tujuh Incumbet Bersaing Ketat Jadi Komisioner KPU Parepare

int

PAREPARE, RAKSUL.COM-Sebanyak 30 orang calon Komisioner KPU Kota Parepare berhasil lolos dalam seleksi Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan tim seleksi (timsel) KPU Provinsi Sulsel. Dari 30 orang tersebut, tujuh di antaranya merupakan incumbent.

Kepala Bagian Program, Data, dan SDM KPU Provinsi Sulsel, Ismail Masse menyebutkan, tujuh incumbent tersebut, yaitu Muh Ali (komisioner KPU periode pertama), Safriani Sudirman, Abd Azis, dan Mardiana Ardin merupakan komisioner KPU Parepare pada periode kedua), dan tiga orang komisioner KPU yang berstatus aktif, masing-masing Abdullah, Mursalim Muslimin, dan Hasruddin Husain.

Menurut Ismail Masse, tujuh incumbent bersama 23 calon Komisioner lainnya akan mengikuti tes psikologi yang digelar 11 hingga 13 Oktober 2018 di Kota Makassar.

“Jadi hasil CAT kemarin, ada 10 yang tidak lolos ke tahap selanjutnya. Kita tidak menentukan passing grade. Kita hanya merengking 30 besar berdasarkan nilai tertinggi untuk ikut tes psikologi yang mulai kita laksanakan hari ini,” ujar Ismail via phone, Kamis, (11/10/2018).

Setelah melalui tes psikologi yang dinilai akademisi dari Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM), para calon akan kembali direngking hingga 20 besar berdasarkan nilai yang diperoleh untuk mengikuti tes kesehatan, dan wawancara.

“Hasil tes psikologi akan kita rengking empat kali dari kebutuhan. Artinya, komisioner yang kita butuhkan lima orang. Jadi empat kali lima, yah 20. Namun kembali lagi, mengenai jumlahnya itu menjadi kewenangan Timsel,” papar Ismail.

Setelah tahap akhir, lanjut Ismail, timsel akan menetapkan 10 nama calon komisioner yang akan dikirim ke KPU RI. “Dari 10 itu, akan ditetapkan 5 orang komisioner oleh KPU RI,” lugasnya. (*)


div>