SELASA , 12 DESEMBER 2017

LP2S UMI Laksanakan Kegiatan Penyamaan Persepsi Kurikulum Perguruan Tinggi

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 20 November 2017 18:00
LP2S UMI Laksanakan Kegiatan Penyamaan Persepsi Kurikulum Perguruan Tinggi

int

RAKYATSULSEL.COM – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia melaksanakan kegiatan Penyamaan Persepsi Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT), dengan narasumber tunggal Dr. Ir. Endrotomo, MT, diikuti 59 pimpinan fakultas dalam lingkup UMI.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, SE, MS didampingi Ketua LP2S UMI Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH, MH di ruang LP2S lantai 3 Menara UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Senin 20 November 2017.
Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, SE, MS dalam sambutannya, mengatakan kegiatan ini akan membahas bagaimana Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), bagaimana Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dan bagaimana menyusun capaian pembelajaran, karena capaian pembelajaran ini yang paling utama dalam menyusun Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) dengan mengacu pada KKNI dan SN Dikti.

Lebih lanjut dikatakan, dari kegiatan penyamaan persepsi ini diharapkan pada tahun akademik 2018/2019 semua program studi di UMI sudah harus menggunakan KPT dan berlaku untuk mahasiswa baru angkatan 2018. Dalam penyusunan kurikulum harus memperhatikan mata kuliah ciri khusus, sebagai penjabaran dari visi dan misi UMI, dan ini mutlak harus ada, tidak bisa ditawar-tawar.

Sementara itu Ketua LP2S UMI Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH, MH mengatakan, kegiatan ini diumaksudkan untuk menyatukan persepsi, khususnya pejabat yang mengambil kebijakan dalam bidang akademik di UMI, sehingga tidak ada kesan bahwa kebijakan dari atas ke bawah tidak nyambung. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dalam pengembangan akademik di UMI.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari (20 – 21/11), dengan materi pada hari pertama antara lain, KKNI dan SN Dikti sebagai dasar penyusunan KPT, Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan, Evaluasi dan pengembangan Kurikulum, Konsep Pembelajaran SCL.

Sedangkan di hari kedua antara lain, Penyusunan RPS lama dan baru, Format Evaluasi dan pengembangan Kurikulum, Presentasi Kurikulum dari UMI. (humas)


Tag
  • UMI Makassar
  •  
    div>