SELASA , 16 OKTOBER 2018

LP2S UMI Sosialisasi Panduan Penelitian Edisi XII

Reporter:

Editor:

Nunu

Rabu , 04 April 2018 10:57
LP2S UMI Sosialisasi Panduan Penelitian Edisi XII

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya ( LP2S) menyelenggarakan Sosialisasi Panduan Edisi-XII dan Kebijakan Penelitian Perguruan Tinggi di aula LP2S UMI Menara UMI, Rabu, (4/4). INT

RAKYATSULSEL.COM – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya ( LP2S) menyelenggarakan Sosialisasi Panduan Edisi-XII dan Kebijakan Penelitian Perguruan Tinggi di aula LP2S UMI Menara UMI,  Rabu, 4 April 2018.

Sebelum membuka acara, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof.Dr. H Syahnur Said, MS mengatakan panduan edisi XII memuat beberapa konten kebijakan seperti skema penelitian yang disesuaikan dengan kluster perguruan tinggi.

Guru Besar Fakultas Ekonomi ini berharap ada peningkatan kualitas dan kuantitas dosen, terlebih UMI telah meraih predikat cluster utama. Panduan edisi ke XII, menekankan tiga yaitu kompetitif nasional, desentralisasi dan penugasan dengan 11 skim, diantaranya penelitian dasar, terapan, pengembangan, pemula, kerjasama dan pascasarjana.

“Panduan edisi XII selain evaluasi untuk peneliti juga evaluasi kinerja kelembagaan sebagai pengelola penelitian, seperti SOP penjaminan mutu berdasarkan siklus penelitian yang dilaksanakan”, tambah Syahnur

Alumni fakultas Ekonomi UMI itu juga berharap dengan sosialisasi ini lebih memacu motivasi para dosen dalam menghasilkan penelitian yang berkualitas yang juga memberikan kemanfaatan dan kepada pimpinan LP2S. “Semoga ada peningkatan pelaksanaan kegiatan panduan klinik proposal dan pelatihan dalam rangka meningkatkan keterampilan penelitian baik pemula atau yang akan bersaing di tingkat nasional,” tandasnya.

Lanjut Syahnur, untuk memacu motivasi peneliti, telah disiapkan anggaran yang setiap tahun juga ada peningkatan jumlah untuk pembiayaan penelitian internal yang terdiri atas tiga skim yaitu peneliti, internal, dan internal advance.

Sementara itu Ketua LP2S Prof Dr. H Hambali Thalib SH MH dalam sambutannya mengatakan bahwa UMI masih menempati posisi pertama di Wilayah Kopertis Wilayah IX Sulawesi untuk tahun 2018. Ada 68 yang lolos dengan biaya kurang lebih 6 Milyar. Semangat meneliti dosen dalam lingkup UMI alhamdulillah semakin meningkat, hanya kebijakan pemerintah tidak hanya mengedepankan kuantitas tapi juga kualitas, karena itu dengan sosialiasi yang diikuti 60 orang peserta menghadirkan narasumber Prof Dr H Syahnur Said, MS ( Prospek dan kebijakan penelitian di UMI) dan Dr. Ir. Andi Aladin, MT yang juga Dosen FTI UMI dan reviewer Nasional sekaligus salah seorang tim penyusun panduan Edisi XII( Strategi penyusunan proposal penelitian sesuai panduan edisi XII), menjawab beberapa persoalan yang diajukan selama ini berkaitan dengan terbitnya panduan edisi XII, ujar Guru Besar Fak.Hukum UMI ini


Tag
div>