SENIN , 20 NOVEMBER 2017

LPG 3 Kilogram Langka, Besok Pemprov Gelar Sidak

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Muh Sophian AS

Minggu , 12 November 2017 19:31
LPG 3 Kilogram Langka, Besok Pemprov Gelar Sidak

Sekertaris Dinas ESDM Sulsel, Syamsul Bahri

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Sebulan terakhir Liquified Petroleum Gas (LPG) untuk tabung ukuran 3 kilogram (kg) mengalami kelangkaan.

Menanggapi ini, Pemprov Sulsel dalam hal ini dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulsel berencana akan melakukan sidak di sejumlah titik di Makassar pada Senin, (13/11) besok.

Hal itu, diungkapkan Sekertaris Dinas ESDM Sulsel, Syamsul Bahri. Ia memprediksi terjadinya kelangkaan gas elpiji bersubsidi 3kg di Masyarakat lantaran adanya permainan di pihak pengusaha. “Memang rupanya terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kg dilapangan, penyebabnya biasanya ada 2 hal yang pertama bisa jadi adanya penimbunan oleh pengusaha nakal dan kedua adalah adanya over jatah ke daerah lain,” ungkap Syamsul, Minggu (12/11).

Dari hasil komunikasi dengan pihak pertamina, lanjut Syamsul, pihaknya berencana terjun langsung ke lapangan melihat kondisi yang sebenarnya. “Maka satu2nya jalan mengatasi kelangkaan tersebut adalah operasi pasar secepatnya. Kami akan melakukan komunikasi dengan pertamina untuk mengecek lokasi mana atau daerah mana saja yang mengalami kelangkaan gas elpiji 3 kg tersebut,” tegasnya.

Saat ini, kata Syamsul pihak pertamina juga akan mempersiapkan operasi pasar dan akan melakuakan pengerahan 4 (empat) mobil truck gas elpiji bersubsidi 3 kg. “Kami memohon bantuan partisipasi teman wartawan untuk memberikan info wilayah mana saja yang terkena dampak kelangkaan sekaligus membantu melaporkan ke kami jika ada indikasi penimbunan ataupun over jatah di setiap kabupaten di Sulsel,” tutup Syamsul.

Sebelumnya, PT Pertamina, melalui Area Manager Communication & Relation Pertamina Sulawesi, Hermansyah Y Nasroen, mengaku distribusi gas elpiji 3kg masih normal, yakni dengan jumlah pasokan sama dari bulan lalu.

Hermansyah mengatakan, volume elpiji 3 kg yang disalurkan per-bulan Oktober 2017 khusus Sulsel sejumlah 6.553.997 tabung atau setara rata-rata harian sebesar 252.077 tabung/hari.

Jumlah tersebut, kata dia, telah sesuai dengan rata-rata penyaluran elpiji 3 kg tiap bulannya.
Penyaluran elpiji 3 kg ini sesuai kuota yang ditentukan oleh Pemerintah. “Penyaluran kita tetap, tdk ada pengurangan,”ujar Hermansyah. (*)


Tag
  • LPG Langka
  •  
    div>