MINGGU , 21 OKTOBER 2018

LPM Penalaran UNM Gelar FGD

Reporter:

Editor:

Lukman

Minggu , 04 Maret 2018 22:00
LPM Penalaran UNM Gelar FGD

LPM Penalaran UNM saat menggelar Focus Group Discussion (FGD).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – LPM Penalaran UNM menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang merupakan alah satu tahapan seleksi PMP-OMK XXI. Tujuan diadakan FGD untuk menggali beberapa aspek dari peserta yaitu kemampuan kognitif, kepercayaan diri, keterampilan komunikasi, kematangan sosial emosional, pengambilan keputusan dan potensi kerja sama peserta.

Kegiatan FGD dilaksanakan dalam 4 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2018 pukul 09.00-11.00 WITA. Sesi kedua dilaksanakan di hari yang sama pada pukul 13.30- 15.30 WITA.

Lalu sesi ketiga dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2018 pukul 09.00-11.00 WITA dan sesi terakhir pukul 13.30-15.30 WITA. FGD dilaksanakan di Gedung BU Pinisi UNM. Peserta dibagi ke dalam 10 kelompok yang membahas secara mendalam 13 topik.

Setiap sesi membahas 13 topik yang diambil dari permasalahan atau berita yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Beberapa topik FGD diantaranya: Pemotongan 2,5% Gaji PNS untuk Zakat, Pasar online dan Pasar Tradisional, Masuknya Kampus Asing di Indonesia, Menangih Pajak Google, Legalitas dan Efesiensi Tanda Tangan Elektronik, Partisipasi Jepang dalam Menjaga Ekosistem Sungai Citarum Dan Invansi Budaya Korea Selatan di Indonesia.

Peserta sangat kritis dalam menanggapi setiap topik FGD yang diberikan. Keluaran dari FGD ini, adanya ide solutif dan kreatif yang dihasilkan dari setiap topik permasalahan yang didiskusikan dan juga peserta akan membuat essay terkait topik yang dibahas.

Selain sebagai salah satu jenis tes pada PMP-OMK XXI, FGD juga diharapkan dapat melatih jiwa kritis mahasiswa dalam menanggapi suatu permasalahan yang ada dalam masyarakat dan tetap memperhatikan etika dalam beragurmen. (*)


div>