MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

LPM UNM Gelar Pelatihan Screen Printing Bagi Anak Panti Asuhan

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Jumat , 17 Agustus 2018 21:10
LPM UNM Gelar Pelatihan Screen Printing Bagi Anak Panti Asuhan

IST

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan kegiatan pelatihan screen printing bagi anak panti asuhan di Kota Makassar.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak bulan Mei sampai saat ini, dilaksanakan oleh tim pengabdi UNM, Maya Sari Wahyuni dan Muhsin serta melibatka dua orang mahasiswa UNM di dua lokasi yakni Panti Asuhan Mattampawalie dan Panti Asuhan Usamah.

Sebanyak 40 peserta mendapatkan pelatihan berupa teori dan praktek keterampilan teknik sablon manual pada berbagai media cetak, yaitu baju, kain dan kertas, menggunakan jenis tinta dan peralatan yang sesuai, serta pendampingan dalam bentuk evaluasi keterampilan peserta.

Maya Sari Wahyuni mengungkapkan pelatihan ini dilatarbelakangi minimnya keterampilan yang diberikan oleh pihak pengelola panti asuhan, sehingga menjadi bekal skill bagi anak-anak panti asuhan dalam menghadapi dunia kerja.

Ia menambahkan kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menambah keterampilan anak panti asuhan sehingga mereka dapat mandiri dengan membuka usaha jasa percetakan sendiri.

“Pelatihan ini sengaja kami berikan kepada anak panti asuhan karena hasil sablon ini masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar mereka. Selain itu, kami juga membekali mereka dengan pengetahuan kewirausahaan,” kata Maya Sari Wahyuni Jumat (17/8/2018).

Pimpinan Panti Asuhan Usamah, Sangkala mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bagus untuk menambah keterampilan anak panti asuhan menghadapi persaingan ke depan dan hasil keterampilan ini memang banyak dibutuhkan. “Saya berharap ada anak asuh saya yang mau membuka usaha jenis ini,” kata Sangkala.

Hal yang sama diungkapkan oleh Nur Fadli dari Panti Asuhan Mattampawalie. Dia mengatakan, kegiatan ini berjalan dengan baik karena penjelasan instruktur mudah dipahami dan berharap tetap dapat menjadi mitra untuk kegiatan yang serupa. (*)


Tag
  • LPM UNM
  •  
    div>