SABTU , 20 OKTOBER 2018

LPS Beri Sinyal Kredit Konsumsi Akan Naik

Reporter:

Editor:

irsad ibrahim

Sabtu , 16 Juni 2018 20:30
LPS Beri Sinyal Kredit Konsumsi Akan Naik

int

RAKYATSULSEL.COM– Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memberi sinyal tahun ini akan terjadi kenaikan suku bunga kredit. Hal tersebut lantaran imbas dari sentimen global dimana kebijakan bank sentral Amerika Serikat The Fed.

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah menjelaskan, pengaruh kebijakan The Fed lambat laun akan dirasakan oleh negara di dunia termasuk negara berkembang seperti Indonesia. Sehingga akan mengerek bunga simpanan yang akhirnya mempengaruhi tingkat kredit.

Halim menyebut, bunga kredit yang paling cepat untuk naik adalah segmen kredit konsumsi. Pasalnya, segmen kredit merupakan permintaannya yang paling tinggi.

“Bunga kredit konsumsi akan terasa lebih cepat, karena permintaannya paling tinggi dan risikonya juga tinggi,” ujarnya di kawasan Kebayoran Jakarta, Sabtu (17/6).

Halim menuturkan, alasan kenaikan kredit konsumsi tersebut lantaran tidak memakai agunan. Hal ini yang menyebabkan bunga kredit bisa naik lebih cepat.

Lebih jauh, Halim menegaskan, setelah kredit konsumsi biasanya diikuti dengan bunga kredit investasi dan bunga kredit modal kerja.

“Tapi memang dibutuhkan waktu untuk kenaikan bunga kredit. Setelah bunga acuan Bank Indonesia (BI) naik maka ada penyesuaian tapi agak panjang 6 bulan atau satu tahun biasanya,” pungkasnya.(JPC)


div>