KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

LRT Bakal Hadir di Makassar

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 11 Desember 2017 14:10
LRT Bakal Hadir di Makassar

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto berbicara mengenai sistem Light Rail Transit (LRT) Makassar di depan Lembaga Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di Capital Place Jakarta, Selasa (6/6) lalu. foto: ist for rakyatsulsel.

* Pemkot Gandeng PT INKA

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berencana akan menghadirkan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) yang beroperasi di dalam kota. Pemkot akan menggandeng PT Industri Kereta Api (INKA) untuk menghadirkan moda transportasi ini.

Kepala Bagian Perekonomian dan Kerjasama Kota Makassar, Sukri Hasanuddin mengatakan, Pemkto dibawah kepemimpinan Wali Kota Makassar ingin monorail atau LRT ada di Kota Makassar, hal itu merupakan rencana besar pemkot untuk mengatasi kemacetan di Kota Makassar.

“Ini kan rencana besarnya pak wali, disampaing untuk menjadi kota dunia juga untuk mengatasi kemacetan di kota Makassar,” ujar Sukri Hasanuddin, Minggu (11/12) kemarin.

Lanjut Sukri, untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur transportasi LRT itu, Pemerintah Kota Makassar berencana akan mengandeng PT. Industri Kereta Api yang merupakan perusahaan negara alias BUMN. “Ini ada tawaran dari teman-teman PT INKA ingin menawarkan kepada kita dalam bentuk kerja sama dalam pembuatan rel kerata api,” Sukri Hasanuddin.

Hanya saja, Sukri belum bisa menjelaskan lebih jauh soal skema kerjasama nanti. “Ini baru penjajakan, seperti apa nanti skema kerjasamanya itu biar pak wali yang tentukan,” ucap Sukri.

Sementara itu, Manajer Pengembangan Pasar PT Industri Kereta Api (INKA), Sugiyatno mengatakan Makassar ditawari proyek ini sebagai solusi transportasi di Kota Makassar. “Kami ingin ikut andil dalam memberikan solusi transportasi di Makassar,” ucap Sugiyatno.

Lanjut Sugiyatno, pembangunan LRT ini selain dapat mencegah kemacetan, juga dapat menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Kota Makassar. Sebab, monorail atau LRT Makassar akan melewati tempat wisata Kota Makassar seperti Pantai Losari.

Ia juga menjelaskan, pembangunan Monorail/LRT Makassar, bisa memakan waktu lebih satu tahun, hal itu sudah termasuk pembenahan dan merapikan seluruh utilitas.

“Secara normatif pengerjaan Monorail atau LRT Makassar memakan waktu kurang lebih satu tahun, sementara untuk pendanaan akan kami bicarakan nanti,” kata Sugiyatno. (*)


div>