SENIN , 17 DESEMBER 2018

Mahasiswa Ilmu Komputer UMI Ciptakan Inovasi Baru untuk Nelayan

Reporter:

Ridwan Lallo

Editor:

Jumat , 13 Juli 2018 22:05
Mahasiswa Ilmu Komputer UMI Ciptakan Inovasi Baru untuk Nelayan

ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Fakultas Ilmu Komputer kembali membuat nama UMI bangga dengan membuat inovasi teknologi tepat guna.

Inovasi teknologi tepat guna itu diberi nama FiNe-Tech (Fish Net Technology). Teknologi FiNe-Tech ini dinisialisasikan oleh tim PKM-T sebagai pelaksanaan dari program kreatifitas mahasiswa yang diadakan oleh Kemenristekdikti.

Adapun nama-nama dari tim itu diantaranya Irwan Ardyansah, Sufikar, Winarto Surachmad, dan Dita Hamda Febrianty yang dibimbing langsung oleh Dosen Fakultas Ilmu Koputer, Lilis Nur Hayati.

Lilis Nur Hayati mengatakan, teknologi ini hadir sebagai solusi para nelayan yang mengalami permasalahan pada proses penangkapan ikan, hasil tangkapan yang tidak memuaskan, serta memonitoring ikan yang terjerat di alat tangkap surface gill net tanpa harus menyelam di kedalaman laut.

Teknologi ini dinilai mampu mengoptimalkan hasil tangkapan dan mempermudah proses penangkapan ikan para nelayan serta dapat diterapkan secara jangka panjang khususnya di kelurahan Untia Biringkanaya Kota Makassar.

“Dengan menggunakan teknologi ini, para nelayan tidak perlu cemas akan hasil tangkapannya karena teknologi ini dilengkapi dengan komponen pemanggil ikan berupa lampu led khusus serta gelombang suara ultrasonic yang dapat memanggil dan menarik perhatian ikan. Ini akan membuat banyaknya hasil tangkapan. Jaring yang berada di laut juga dapat dipantau melalui smartphone dalam jarak dekat maupun jauh dari posisi jaring,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, dalam teknologi FiNe-Tech juga terdapat komponen yang dapat mengetahui posisi jaring untuk mengatasi rasa kekhawatiran para nelayan jika jaring tersebut hilang atau terhanyut oleh ombak di laut. (*)


div>