SENIN , 22 OKTOBER 2018

Mahasiswa UMI Kembali Raih Medali Emas di Event Internasional

Reporter:

Editor:

Lukman

Minggu , 22 April 2018 08:24
Mahasiswa UMI Kembali Raih Medali Emas di Event Internasional

Tiga mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yang meraih awards dalam ajang "Indonesian Internasional Invention Festival (I3F) 2018".

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tiga mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berhasil lolos dan meraih awards dalam ajang “Indonesian Internasional Invention Festival (I3F) 2018”.

Ide inovasi yang berjudul “Smafnets (Smart Fish Nets) In An Effort to Increase Catching Fish and Facilitate Fishing Operation of Fisherman” di ajang tersebut berhasil mendapatkan medali emas.

Event bertaraf Internasional ini diadakan oleh ‘Aku Asosiasi Indonesia’. Hal ini disampaikan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMI Prof Dr H. Ahmad Gani SE MSi, Minggu (21/4).
Alumni Fakultas Ekonomi UMI Ini mengatakan jika event ini berlangsung pada tanggal 18 – 21 April 2018 dan telah dilaksanakan di tiga tempat yang berbeda, yaitu untuk hari pertama dilaksanakan di gedung Pertamina Polinema dengan rangkaian acara pameran Inovasi (Exhibition).

“Untuk hari kedua dilaksanakan di gedung utama FMIPA Universitas Brawijaya dengan rangkaian acara Oral Presentasion, dan untuk Gala dinner pada malam hari dilaksanakan di Regents Park Hotel Malang,” kata Ahmad Gani.

Tiga mahasiswa UMI yang menorehkan prestasi International tersebut yaitu Irwan Ardyansah (Fakultas Ilmu Komputer/Teknik Informatika), Eva Afriana Gani (Fakultas Pertanian/Agroteknologi), dan Muhammad Adnan (Fakultas Teknik/Arsitektur).

Ketiga mahasiswa ini juga merupakan anggota dari UKM PERISAI UMI yang bergerak di bidang penilitian dan penalaran. Event ini diikuti beberapa peserta dalam negeri baik dari tingkat SMA/SMK maupun utusan mahasiswa Perguruan Tinggi, dalam dan luar negeri, seperti dari Shanghai Jiao Tong University China, Jurgen Lci 69 Croatia, Liverpool John Moores University, dan Universitas luar negeri lainnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Komputer UMI, Dr. Ir. H. A. Dirgahayu A. Lantara MT., IPU., Asean.Eng., di tempat terpisah menambahkan ide Inovasi dari tim Irwan Ardyansah ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk merealisasikan dan diharapkan dari event ini dapat membantu memotivasi para pelajar di Sulawesi Selatan untuk berinovasi khususnya di kalangan mahasiswa.
Disinggung reward yang akan diberikan, alumni Fakultas Teknik UMI ini mengatakan jika hal itu jelas ada.

“Pimpinan Universitas sangat mengapresiasi catatan prestasi yang diraih civitas akademika UMI baik dosen maupun mahasiswa, baik dalam maupun luar negeri. Pimpinan Universitas sudah menyiapkan reward untuk mereka,” ujar Dirga. (*)


div>