SENIN , 22 OKTOBER 2018

Maju DPR RI, Deng Ical Harus Mengundurkan Diri

Reporter:

Arini

Editor:

Lukman

Minggu , 15 Juli 2018 22:30
Maju DPR RI, Deng Ical Harus Mengundurkan Diri

Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal (Deng Ical). ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tahapan pertama Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) sudah hampir selesai. Beberapa politisi baik yang memiliki kedudukan ataupun tidak, berbondong-bondong mendaftarkan diri sebagai wakil rakyat.

Begitu pula dengan Syamsu Rizal, yang berencana akan melayangkan surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Wali Kota Makassar. Pasalnya, hal tersebut merupakan salah satu syarat pendaftaran Bacaleg DPR RI.

Sesuai Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan DPR, DPD dan DPRD Pasal 12 Point K menjelaskan bahwa setiap orang yang akan mendaftarkan diri sebagai Anggota DPR-RI diwajibkan untuk mengundurkan diri sebagai kepala daerah. Dilanjutkan dengan Pasal M, bahwa bersedia untuk tidak merangkap jabatan sebagai wakil kepala daerah lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar Bidang Pemerintahan Abdi Asmara menjelaskan, pengunduran diri Deng Ical–sapaan akrab Syamsu Rizal, merupakan konsekuensi dari keinginannya untuk masuk dalam bursa Bacaleg DPR-RI, dan hal tersebut sudah diatur dalam Undang-undang.

“Saya kira memang konsekuensinya kalau maju sebagai anggota DPR-RI harus mundur sebagai wakil walikota, dan memang diatur oleh undang-undang,” tuturnya saat dikonfirmasi melalui telfon selulernya, Minggu (15/7). (*)


div>