SENIN , 23 JULI 2018

Makan Enak Tanpa Melar dan Diabetes Saat Lebaran, Ini Tips Dari Dokter Cantik Ini

Reporter:

Editor:

Niar

Sabtu , 16 Juni 2018 14:20
Makan Enak Tanpa Melar dan Diabetes Saat Lebaran, Ini Tips Dari Dokter Cantik Ini

int

PAREPARE, RAKSUL.COM—Hari Raya Lebaran identik dengan suguhan berbagai macam makanan dan minuman yang menggugah selera untuk menyambut para kerabat dan Handaitolan yang bersilaturahmi. Nah, tidak menutup kemungkinan, makanan dan minuman yang disajikan mengandung kadar lemak dan kalori yang sangat tinggi sehingga bisa memicu berbagai macam penyakit jika dikomsumsi secara berlebihan , terutama yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

Pelaksana Tugas (Plt ) RSUD andi Makkasau, dr Renny Anggraeny Sari menjelaskan hal pertma yang perlu diperhatikan agar tetap sehat merayakan hari yang Fitrah ini adalah dengan tidak mengkomsumsi makanan dan minuman secara berlebihan.

“Jadi tetap menjaga pola makan dengan porsi yang tidak berlebihan , mengkonsumsi makanan dengan komposisi zat gizi yang seimbang, yaitu sumber karbohidrat kompleks (nasi atau ketupat) sekitar 40 persen, lemak dan protein (opor, gulai, dan lainnya) sekitar 20 persen, selebihnya adalah porsi untuk sayuran, buah-buahan, serta vitamin dan mineral,”jelas dia, Jumat(14/6/2018).

Renny menjabarkan untuk makanan dan minuman yang mengandung gula tetap perhatikan kandungan gizinya.

“Jangan makan atau minum makanan yang disukai atau enak rasanya namun rendah kansungan Gizinya dengan memperhatikan kadarnya , terutama untuk yang memiliki riwayat penyakit Diabetes bisa diimbangi dengan sering memakan buah dan sayur yang bisa menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh”jabar dia.

.Satu hal yang paling penting kata Renny adalah dengan memperbanyak minum air putih setiap kali Anda mengonsumsi makanan bersantan dan berlemak.

“Dan harus juga diselingi dengan Olahraga untuk memberikan penyegaran pada tubuh bisa dengan berjalan kaki atau Jogging,”tutup dia .


div>