MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Makanan Ini Bisa Ringankan Gejala Diabetes

Reporter:

Editor:

irsad ibrahim

Selasa , 20 Maret 2018 09:07
Makanan Ini Bisa Ringankan Gejala Diabetes

int

RAKYATSULSEL.COM — Saat dinyatakan menderita penyakit diabetesatau kencing manis, konsumsi makanan dan minuman adalah hal yang harus benar-benar diperhatikan. Jika tidak, bukan tak mungkin sederet komplikasi berbahaya akan mengintai pada diri Anda.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, penderita diabetesyang tidak memperhatikan asupan yang dikonsumsi sehari-hari bisa mengalami dampak buruk berupa kerusakan mata, saraf, ginjal dan organ tubuh lainnya.

“Penyakit diabetes bisa disebabkan dan diperburuk oleh banyak faktor, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari,” ujarnya.

Pentingnya perhatikan pola makan.

Bagi para penderita diabetes, ada sederet kudapan yang harus dihindari. Lebih lanjut, dr. Sepri membeberkannnya lewat empat poin, yakni makanan berkarbohidrat tinggi, minuman ringan, lemak jenuh, dan daging merah.

“Sebisa mungkin, hindari keempat makanan dan minuman tersebut demi menjaga kadar gula darah Anda dalam batas yang wajar,” ungkapnya.

Pertama, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti roti tawar, pasta makaroni, biskuit, buah kalengan, permen dan sejenisnya, dapat mencetuskan dan memperparah gejala diabetes bila dikonsumsi secara berlebihan.

Adapun lemak jenuh yang biasanya terdapat dalam keju olahan, mentega, selai kacang, serta daging berlemak. Makanan ini jelas tidak baik untuk pengidap diabetes. Begitu pula daging merah yang diolah menjadi daging asap atau sosis, mengingat kandungan garam yang tinggi bisa meningkatkan risiko dan memperparah gejala diabetes yang sudah terjadi.

Meringankan gejala diabetes

Dilansir dari prevention, ahli diet dari Joslin Diabetes Center (terafiliasi dengan Harvard Medical School), Veronica Salsberg, merekomendasikan menu makanan yang pas untuk menurunkan tingkat keparahan gejala diabetes. Pertimbangannya, dalam menu tersebut, protein memiliki andil penting sebagai sumber kalori.

Berikut contoh menu yang dimaksud:

Sarapan:

Sebanyak ½ muffin gandum dengan 1 sendok makan margarin bebas lemak, 1 telur rebus, dan 1 ¼ cangkir stroberi.

Kudapan pagi:

Segelas yoghurt polos tanpa rasa, dengan satu sendok makan kacang cincang.

Makan siang:

Roti gandum berisi daging sapi panggang berukuran kecil (1 ons), daging sapi panggang dengan sodium rendah, dua irisan bawang merah, dan selada; ditambah ¾ cangkir wortel dan ? cangkir hummus.

Kudapan siang:

Buah seperti nanas yang dicampur dengan keju rendah lemak.

Makan malam:

Tumis ayam dan sayur dengan bahan seperti potongan daging, kacang polong, irisan kastanye, bawang hijau cincang, kacang-kacangan, kecap rendah sodium, serta bawang putih. Bisa dinikmati dengan secangkir kecil nasi merah.

Makanan di atas, bila dikonsumsi dalam waktu seminggu secara rutin dan teratur, akan memberikan khasiat positif untuk meringankan gejala diabetes. Selain itu, kandungan pada sederet menu di atas juga baik dan sanggup untuk memenuhi nutrisi para penderita diabetes.

Menu makanan di atas dapat Anda variasikan sesuai selera. Yang terpenting, ingat 3J: Jenis, Jumlah, dan Jam. Pastikan pula Anda mengombinasikan konsumsi menu makan di atas dengan pola hidup sehat.

“Jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat, serta berolahraga secara rutin dan teratur. Dengan demikian, risiko diabetes akan semakin kecil atau bahkan hilang sama sekali. Jika sudah terlanjur terjadi, gejala tak akan berujung pada komplikasi berbahaya,” kata dr. Sepri.

 

Untuk itu, mulailah terapkan pola hidup sehat sekarang juga. Agar nantinya, penyakit diabetes tidak menjangkiti diri Anda. Namun, jika penyakit metabolik ini sudah terlanjur terjadi, pastikan Anda benar-benar memperhatikan pola makan sehari-hari, termasuk gaya hidup yang dilakukan.

Hal ini bertujuan agar penyakit diabetes tidak berujung pada terjadinya komplikasi berbahaya.(NB/RVS/klikdokter)


div>