SENIN , 15 OKTOBER 2018

Makassar Belum Siap E-KTP Seumur Hidup, Ini Komentar Dewan

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 04 Februari 2016 17:08

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah membuat kebijakan pemberlakuan KTP elektronik (e-KTP) seumur hidup. Pemberlakuan e-KTP seumur hidup ini bertujuan agar nantinya tidak lagi menyusahkan warga, termasuk warga Kota Makassar.

Namun sangat disayangkan, pemberlakuan e-KTP tersebut di Makassar masih menemui beberapa kendala. Bukan karena tidak adanya pelayanan, melainkan keterbatasn alat cetak KTP yang belum diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah Kota Makassar.

Menanggapi hal tersebut, Ketua komisi A bidang Hukum dan Pemerintahan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Abdul Wahab Tahir mengaku optimis bahwa Pemkot Makassar bisa segera memberlakukan e-KTP seumur hidup itu.

“Ini bukan persoalan tidak mampunya pemkot, melainkan memang kendala pengadaan mesinnya,” ungkapnya di kantor DPRD Makassar, Kamis (4/2).

Ia menilai, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) punya kemampuan untuk mengupdate seluruh data dan sistem kependudukan warga kota Makassar. “Karena itu sebaiknya pihak Disdukcapil bisa segera melakukan upate data dan sistemnya,” kata Wahab.

Sementara untuk pengadaan mesin cetak KTP tersebut lanjut legislator fraksi Golkar ini akan dilakukan pengaanggaran pada APBD Perubahan. Untuk anggaran perubahan itu lanjut dia, rencananya akan masuk pada bulan Juni atau Juli mendatang.

“Pak Walikota Danny Pomanto sudah menjanjikan untuk anggaran perubahan itu akan dibahas pada bulan 6 atau 7,” jelas Wahab.

Sementara itu, Anggota Komisi A, Mesakh Rantepadang menuturkan, Saat Ini Disdukcapil sudah melakukan surat edaran untuk pemberlakuan e-KTP seumur hidup ini. Surat edaran tersebut diberikan ke instansi-instansi di Makassar baik swasta maupun pemerintahan.

“Lewat surat edaran itu, maka Makassar juga harus mampu mengadakan e-ktp seperti itu. Karena tidak dapat menyusahkan kepada masyarakat Kota Makassar,” kata dia.


Tag
  • e-ktp
  •  
    div>