RABU , 21 NOVEMBER 2018

Makassar Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah TRENDS

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 18 April 2017 10:09
Makassar Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah TRENDS

Three Ends - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) Makassar, Tenri A Palallo (enam dari kiri) saat menghadiri Rakornas Terkait Program Three Ends beberapa waktu lalu, di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kota Makassar menjadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Three Ends 2017, 22-23 April mendatang. (IST)

MAKASSAR, RakyatSulsel.com – Kota Makassar ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Jelajah Three Ends (TRENDS), oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI. Kegiatan Trends di Makassar dijadwalkan digelar 22-23 April mendatang. Three Ends, yakni End Violence Against Women and Children (Akhiri Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak); End Human Trafficking (Akhiri Perdagangan Manusia), dan End Barriers To Economic Justice (Akhiri Kesenjangan Ekonomi terhadap perempuan).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar, Tenri A Palallo mengatakan TRENDS merupakan program strategis Kementrian P3A untuk menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan manusia, dan meningkatkan persamaan akses sumber daya ekonomi bagi perempuan. Diharapkan dengan ditunjuknya Makassar sebagai penyelenggara diharapkan sebaran informasi mengenai TRENDS dapat diketahui oleh seluruh masyarakat. “TRENDS juga berfungsi sebagai media sosialisasi untuk menyebarluaskan informasi 3 Ends kepada masyarakat dan menciptakan berbagai inovasi sosial dalam mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujarnya, Senin (17/4).

Rangkaian kegiatan ini akan diawali dengan seminar nasional Jelajah Three Ends di Hotel Arya Duta pada Sabtu, 22 April 2017, Pukul 09.00 Wita. Malam harinya akan diadakan ramah tamah Three Ends di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar. Keesokan hari, Minggu 23 April 2017, digelar puncak acara TRENDS di Anjungan Pantai Losari yang dimulai Pukul 06.00 Wita.

Tenri menambahkan, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mendukung penuh pelaksanaan TRENDS di Makassar. Orang nomor satu Makassar menyatakan sangat peduli terhadap upaya perlindungan anak dan perempuan.

Diperkirakan, ribuan anak – anak Makassar bersama pelaku usaha, NGO (Non Government Organization), NGO Perempuan, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lingkup Pemerintah Kota Makassar akan memeriahkan acara puncak TRENDS di Anjungan Pantai Losari. Mereka akan diberikan pemahaman melalui sosialisasi agar dengan sukacita mengakhiri segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan manusia, dan ketidakadilan akses sumber daya ekonomi bagi perempuan.

Selanjutnya, Pemerintah Kota Makassar akan melaunching Program “Jagai Anakta” di puncak Jelajah Three Ends, Minggu 23 April di Anjungan Pantai Losari, oleh Wali Kota Makassar. Program “Jagai Anakta” merupakan suatu rangkaian komprehensif mengenai penanganan anak-anak termasuk anak-anak terlantar dan anak-anak yang “bermasalah”. Mulai dari pencegahan hingga rehabilitasi melalui pendampingan baik ke anak maupun ke orang tua.

“Jadi dalam Three Ends sebagai puncak kegiatan akan dilaunching program Jagai Anakta, ini sebagai bentuk riil pelaksanaan program ini,” jelasnya. (D)


div>