• Sabtu, 25 Oktober 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Makassar Masuk Tahap II Penilaian Adipura

Kamis , 02 Mei 2013 10:11
Total Pembaca : 205 Views

Baca juga

RAKYATSULSEL.COM, MAKASSAR – Peluang Makassar untuk meraih Piala Adipura tahun 2013 masih terbuka lebar. Tim evaluasi lomba kebersihan kota tingkat nasional itu kembali memasukkan Makassar sebagai kota yang berkesempatan dinilai ulang setelah tahap penilaian sebelumnya berakhir.

Wali kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin pun langsung mengumpulkan seluruh aparat, di ruang kerjanya Balai kota Makassar, Rabu (1/5)  terkait untuk berkoordinasi memantapkan kesiapan Makassar untuk diverifikasi, di ruang kerja

Walikota.

“Bila tim penilai memberi kesempatan ulang untuk evaluasi tahap II, itu artinya Makassar dianggap sangat layak untuk meraih Adipura. Tinggal tugas kita untuk memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya,” ujar Ilham.

Dalam rapat koordinasi hadir kepala instansi yang terkait diantaranya Kadis Kebersihan, Muh.Kasim, kadis PU Muh. Ansar, asisten bidang Pemerintahan Muh.Sabri, asisten bidang Ekbang Ruslan Abu serta seluruh Camat se-kota Makassar.

Wali kota Makassar dua periode itu menyatakan, peluang verifikasi ulang yang diberikan tim penilai/verifikasi Piala Adipura merupakan hal yang jarang terjadi. Kesempatan itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh stakeholder untuk membuka peluang Makassar kembali meraih Adipura setelah lebih dari satu dekade tidak tercapai.

Untuk itu, walikota yang akan mengakhiri jabatannya April 2014 itu menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk langsung turun ke lapangan membenahi kebersihan kota.

Hal ini katanya akan menyiratkan kepada masyarakat bahwa kota ini memang layak untuk mendapat penghargaan tersebut.

“Jangan lagi ada komentar kenapa Makassar mendapat piala Kebersihan, sementara kondisi riil-nya jauh dari bersih. Jajaran camat dan lurah harus bisa memberikan jawaban dan tanggung jawab dengan menunjukkan bahwa kita memang bekerja keras untuk meraih piala Adipura itu,” lanjut Ilham.

Sementara kadis Kebersihan dan Pertamanan, Muh.Kasim menyatakan, optimisme Makassar meraih Adipura tahun 2013 bukan hanya isapan jempol belaka.

“Pada evaluasi tahap kedua, Kota Makassar mendapat poin 7,1 poin. Karena itu kami optimistis bisa meraih piala Adipura, meski kita masih harus bersaing dengan 11 kota lain diantaranya Surabaya, Bandung, Medan, Tangerang, Bekasi, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, ” kata Kasim.

Pada akhir koordinasi, Ilham meminta partisipasi aktif masyarakat untuk ikut bertanggung jawab atas kebersihan kota Lebih lanjut Ilham menyatakan, upaya untuk menjaga kebersihan dan keindahan seharusnya telah menjadi kesadaran hidup dalam bersikap dan berperilaku masyarakat. Ia juga mengharapkan agar jajarannya dapat memberikan contoh langsung pada masyarakat, sebagai bagian dari pola pembinaan.

“Jangan kita berhenti hanya sampai pada target penghargaan, jadikan kesadaran akan kebersihan menjadi pola hidup masyarakat. Lurah serta Camat menjadi garda terdepan dalam menyadarkan masyarakat akan hal itu”. tutup  Ilham. (RS9/her)