SELASA , 20 FEBRUARI 2018

Makassar Menuju Kota Dunia, Pasang WiFi Gratis di 70 Titik Ruang Publik

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Senin , 22 Januari 2018 11:18
Makassar Menuju Kota Dunia, Pasang WiFi Gratis di 70 Titik Ruang Publik

WIFI GRATIS. Akses internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat di Kota Makassar. Karena itu, Pemkot Makassar memasang WiFi gratis di 70 titik yang menjadi ruang publik. SUGIHARTONO/RAKYAT SULSEL/

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus berupaya mewujudkan Makassar sebagai kota dunia. Salah satunya, melalui kebebasan mengakses informasi dengan memasang WiFi gratis di 70 titik yang menjadi ruang publik.

Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kota Makassar, Ade Ismar, menyebut, pemasangan WiFi gratis di 70 titik ruang publik tersebut, sudah melebihi target pemkot yang tertuang dalam Rancangan Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dimana, dalam RPJMD disebutkan hanya pemasangan WiFi gratis di 50 titik.

“Kita sudah over target. Di RPJMD itu target kita hanya 50 titik WiFi gratis. Tapi sampai tahun ini, kita sudah punya 70 titik WiFi Gratis,” kata Ade Ismar, Minggu (21/1).

Kata Ade, dari 70 titik itu terdiri dari 35 titik WiFi gratis oleh Diskominfo, dan 35 lainnya adalah bantuan dari provider. Pihaknya bahkan mengaku bahwa pengadaan 20 titik WiFi pada tahun 2017 lalu yang dianggarkan pada APBD 2017 sebesar Rp 2,4 miliar, sudah rampung 100 persen.

Meski begitu, tahun ini Diskominfo masih akan mengadakan 15 titik WiFi gratis yang akan disebar di seluruh ruang publik yang belum tersentuh. Namun, pengadaan itu masih menunggu perampungan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Tahun ini untuk 15 titik, kita tunggu dulu DPA. Itu bergantung dari kebijakan pimpinan (Kadis Kominfo) siapa yang nantinya diberikan tanggung jawab,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengaku tahun ini akan kembali menerima reward dari provider dalam hal ini PT Telkom untuk pemasangan 20 titik WiFi gratis.

Tetapi, untuk tahap awal, pihaknya baru akan menerima pemasangan 10 titik WiFi yang akan dipasang di Kantor Balaikota. Diantaranya, di ruang publik Sipakalebbi dan Sipakatau yang terletak di lantai dua Gedung Balaikota, PTSP Bintang Lima di lantai dasar dua titik, di outdoor meeting lantai dua sebanyak dua titik, dan selebihnya disebar di beberapa lantai yang dinilai perlu mendapatkan suntikan WiFi.

“Tahun ini kita dapat 20 titik WiFi gratis dari provider. Untuk tahap awal ada 10 titik di Gedung Balaikota, ini sementara kita maintenance. Tapi sudah ada titik kesepakatan, tinggal mau kita pasang,” jelasnya.

Sementara, 10 titik lainnya pada tahap berikutnya, akan disebar di beberapa sekolah yang ada di Makassar. Pemkot sudah memiliki 35 titik WiFi gratis yang disebar di ruang publik, sehingga sepuluh bantuan yang diberikan provider lebih difokuskan ke sekolah.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Ismail Hajiali, mengatakan, WiFi yang dipasang pemerintah kota memiliki kecepatan yang bervariatif, bergantung lokasi yang memiliki banyak pengunjung. Misalnya, di Lapangan Karebosi yang kecepatannya ditambah lantaran adanya PKL Center yang mengahadap ke jalan RA Kartini.

“Kapasitas 10-20 Mbps kita pasang saat jam kerja, selebihnya kita alokasikan untuk lokasi padat pengunjung,” ujarnya.

Pemerintah kota sudah memasang WiFi gratis di 15 titik ruang publik, dan akan dilanjutkan untuk pemasangan di 20 titik lainnya. Seperti di Lapangan Karebosi, Anjungan Pantai Losari, Taman Macan, dan beberapa ruang publik lainnya.

“20 titik di tahun 2017 lalu itu diantaranya 18 titik di darat dan dua titik lainnya di pulau, seperti Pulau Barrang Lompo dan Pulau Lakkang,” imbuhnya. (*)


div>