SELASA , 21 AGUSTUS 2018

Makassar Tempat Tepat Memulai Poros Maritim

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 29 April 2016 09:14

RAKYATSULSEL.COM – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mendorong Indonesia National Shipowners Association (INSA) untuk memperkuat poros maritim yang dimulai dari Makassar.

Hal itu disampaikannya dalam Rapat Anggota Cabang (RAC) INSA XIV yang mengangkat tema ‘Mengawal Program Tol Laut Nasional Menuju Kedaulatan Ekonomi Nasional Maritim’.

Danny, begitu dia disapa, menyampaikan program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan membentuk poros maritim bermakna mengembalikan kejayaan Indonesia masa lalu.

Sejak dulu, bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa pelaut, dan Makassar dikenal dengan armada maritim yang kuat dengan pelabuhan sebagai tempat bersandarnya kapal dari berbagai penjuru dunia.

“Orang Makassar pada masa itu amat berani berlayar mengarungi lautan luas. Sehingga, orang Portugis menggelar mereka Celebes De Makassares, yang berarti orang-orang Makassar yang ulung dan mahsyur,” jelas Danny dalam keterangan kepada redaksi, Kamis malam (28/4).

Dia menambahkan, jejak kemahsyuran pelaut Makassar dapat ditemukan pada hukum laut internasional yang mengadopsi hukum Amanagappa yang berisi 21 pasal. Di mana, beberapa bagiannya sangat rinci menjelaskan mengenai ketentuan-ketentuan dalam pelayaran.

Danny berharap, keberadaan INSA dapat mendukung gagasan poros maritim yang dimulai dari Makassar. Mengingat latar belakang sejarah Makassar yang sangat mendukung dan berbagai fasilitas yang ada, seperti pelabuhan internasional Soekarno-Hatta dan Makassar New Port yang akan hadir.

“Kembali ke maritim itulah unggulan kita. Posisi Makassar yang berada di tengah-tengah Indonesia sangat tepat untuk memulai poros maritim dari titik ini,” ungkapnya.

Lebih jauh, lanjut Danny, dengan segala fasilitas di bidang kemaritiman yang dimiliki, Makassar juga tepat menjadi pusat INSA untuk logistik nasional. (rmol)


Tag
div>