RABU , 15 AGUSTUS 2018

Makassar Tuan Rumah City Sanitation Summit XVII

Reporter:

Editor:

RRS

Selasa , 12 Desember 2017 09:45
Makassar Tuan Rumah City Sanitation Summit XVII

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM  – Pelaksanaan City Sanitation Summit (CSS) XVII yang dirangkaikan dengan Munas III Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) memilih Makassar sebagai tuan rumah. Kegiatan ini akan berlangsung  di Hotel Sheraton, Selasa, 12 Desember 2017, hingga tiga hari ke depan.

Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto berharap kegiatan bergengsi tersebut bisa melahirkan sebuah rekomendasi yang diberi nama “deklarasi Makassar” untuk membangun Indonesia ke depan.

“Persoalan otoritas saja jadi persoalan besar, maka saya berharap ada kesepakatan di antara kita, perlu aspirasi bersama misalnya kita minta (ke pusat) pengelolaan drainase itu diberikan ke kota,” ucap Danny.

CSS,  kata Danny,  perlu menyelesaikan banyak masalah-masalah, baik tentang otoritas. Misalnya, saat menerima laporan genangan di suatu tempat, akan sangat sulit diatasi sementara tempat penyebab genangan panjang itu rata-rata menjadi otoritas pemerintah pusat. Kanal otoritas pemerintah pusat, drainase primer otoritas pemerintah provinsi, sementara kota hanya kebagian sekundernya.

“Sanitasi menjadi persoalan kita semua termasuk di Makassar. Makassar memulai membenahi dengan membentuk satgas-satgas drainase di lorong-lorong,” ucapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Diah Indrajati, Direktur Perkotaan, Perumahan, dan Permukiman Bappenas Tri Dewi Virgiyanti, Wali Kota Balikpapan yang juga Ketua Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) HM Rizal Efendi, Direktur Pengembangan Pengelolaan Lingkungan Pemukiman Kementerian PUPR Dodi Krispatmadi, Tim Manager Urban Sanitation Development Program (USDP). (*)

 


Tag
div>