SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Makassar Tuan Rumah City Sanitation Summit XVII

Reporter:

Editor:

Rasmi

Sabtu , 11 November 2017 07:56
Makassar Tuan Rumah City Sanitation Summit XVII

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL. COM –
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memenuhi undangan rapat kordinasi pelaksanaan City Sanitation Summit (CSS) XVII di kantor Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Grand Kebon Sirih, Lantai 4, Jalan Kebon Sirih Raya No. 35, Jakarta Pusat, Jumat, 10 November 2017.

Rapat membahas persiapan pelaksanaan CSS XVII tahun 2017 di Makassar termasuk agenda yang akan dibahas pada pertemuan yang diagendakan dengan Musyawarah Nasional Akkopsi III (Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi).

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dijadwalkan menyampaikan keynote speech pada pertemuan itu dan akan dihadiri kepala daerah se – Indonesia yang peduli terhadap isu lingkungan hidup khususnya masalah sanitasi.

“Isu lingkungan menjadi perhatian dunia saat ini. Kepala daerah sebagai penentu kebijakan di wilayahnya masing – masing memiliki peran strategis untuk mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan,” kata Wali Kota Danny.

Apalagi saat ini berbagai konsep sustainable environment diperkenalkan ke publik seperti green economy dan blue economy. Keduanya adalah konsep pengelolaan sumber daya alam dan ekonomi dengan meminimalisir dampak buruk terhadap lingkunga. Bahkan blue economy menjadi konsep pembangunan dengan zero emission.

Sementara itu, Munas Akkopsi III akan mengusung tema ‘Optimalisasi Gerakan Akkopsi dalam Pencapaian Universal Akses’ dengan sub tema membangun kolaborasi antar stakeholder dalam rangka pencapaian target penyediaan sanitasi dan air minum, penanganan kumuh, dan dukungan bagi pengurangan stunting.

Munas Akkopsi III juga mengangkat sub tema mengoptimalkan gerakan Akkopsi sebagai mitra strategis pemerintah dalam pengembangan kebijakan untuk mempercepat pencapaian akses universal.

Tujuannya untuk membangun komitmen pengurangan stunting dalam rangka pengentasan kemiskinan dengan membangun kolaborasi dan konsolidasi sumber daya pembangunan sanitasi dan air minum.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyediakan forum pertukaran pengalaman pencapaian universal access dari berbagai kabupaten dan kota peduli pada pembangunan sanitasi. Tujuan lainnya sebagai upaya advokasi, promosi, dan kampanye pembangunan sanitasi.

Hadir pada rapat kordinasi itu antara lain
Ketua Umum Akkopsi yang juga Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Sekertaris Eksekutif TNP2K Bambang Widianto, Wali Kota Cimahi Atty Suharti Tochija, dan Direktur PKGBM MCA Indonesia Ling Mursalin.


Tag
div>