KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Maksimalkan DPT, Pemkab Takalar Terus Genjot Sosialisasi

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Minggu , 04 Desember 2016 18:32
Maksimalkan DPT, Pemkab Takalar Terus Genjot Sosialisasi

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemungutan suara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Takalar sudah tersisa dua bulan lagi. Olehnya itu, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar terus merampungkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Perampungan tersebut dengan terus bersosiasliasi baik melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Takalar menambah jam pelayanan.

Pelaksana Tugas Bupati Takalar, Andi Darmawan Bintang, mengakui, saat ini DPT di Kabupaten Takalar mulai berkurang dari sebelumnya 13 ribu orang, sekarang tersisa 9 ribuan orang atau 7 ribuan orang.

Darmawan menyebutkan, langkah pro aktif terus dilakukan instansi terkait termasuk untuk mengajak pemilih pemula ambil bagian dalam pilkada nanti.

“Sosialiasi terus dilakukan bahkan, Sabtu dan Minggu pelayanan dibuka agar masyarakat bisa mendaftar, sehingga tercatat menjadi DPT,” ungkapnya, Minggu (4/12).

Darmawan menambahkan, pihaknya terus berupaya memaksimalkan kinerja terkait masalah data pemilih ini bisa cepat rampung, sehingga masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya pada 2017 mendatang.

Walaupun, Ia mengakui beberapa kendala dalam mendata pemilih, antara lain masalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda, kemudian ada masyarakat memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Takalar, tapi kemudian tidak berdomisili di sana.

“Data yang kurang update, menjadi perhatian kami agar ini dapat segera diperbaiki, dan Alhamdullilah sudah dilakukan,” ucapnya.

Selain itu, Kepala Dinas PSDA Sulsel ini, juga mengimbau masyarakat agar tenang dan tertib serta tidak mudah terprovokasi yang dapat menimbulkan konflik horizontal.

“Kalau ada kejadian yang bisa segera melaporkan ke penyelenggara pilkada atau kepolisian, dan TNI.” Katanya.

Darmawan menambahkan, saat ini kondisi Takalar sangat kondusif walaupun di beberapa titik ada kejadian, tapi ini semua dinamika dalam politik.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri, pelaksana dan pengawas pilkada, lagi pula masyarakat sudah cerdas dalam memilih, mereka akan memilih pemimpin yang benar-benar dapat memberi manfaat pada daerahnya,” jelas Darmawan.

Sementara, Ketua KPUD Takalar, Jusalim Samak, mengatakan, saat ini memang pihaknya bersama Pemkab Takalar terus melakukan action langsung di lapangan seperti, mengidentifikasi nama-nama masyarakat di wilayah pada setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Dan setiap hari Jumat kita menyebutkan nama-namanya agar mereka langsung tau bahwa orang tersebut belum terekam, teman-teman TPS juga biasanya mengantar langsung masyarakat ke Disdukcapil,” tuturnya. (***)

 


div>