SELASA , 16 OKTOBER 2018

Maksimalkan Program KRPL, Ketahanan Pangan Pangkep Manfaatkan Lorong dan Pekarangan Rumah

Reporter:

Atho Tola

Editor:

asharabdullah

Rabu , 14 Maret 2018 15:45
Maksimalkan Program KRPL, Ketahanan Pangan Pangkep Manfaatkan Lorong dan Pekarangan Rumah

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pangkep, Siti Farida . foto: Atho/RakyatSulsel

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pangkep, Siti Farida mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Farida menuturkan bahwa saat ini wilayah di Kabupaten Pangkep mulai sibuk dengan pengembangan KRPL, diantaranya di Kecamatan Segeri dan Bungoro. KRPL sendiri merupakan program pemerintah pusat yang fokus pada penataan lorong dan pemanfaatan pekarangan rumah.

“Kita dorong masyarakat manfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman sayur dan tanaman obat keluarga, ini bisa mendongkrak peningkatan ekonomi mereka,” ujarnya, Selasa (14/3).

Farida mengajak masyarakat untuk terlibat aktif pada gerakan pengembangan KRPL tersebut, yang diharapk dapat mengurangi kemiskinan, melalui kemandirian.

“Jadi masyarakat akan lebih hemat karena tidak perlu keluarkan uang untuk beli sayur, terlebih apabila produksi cukup bisa menjadi peluang baru di dunia usaha,” ucap Siti Farida.

Dia menambahkan, kedepannya pihaknya akan mengupayakan pembentukan kelompok ibu-ibu tani untuk dapat dibina dalam pengolahan Industri rumahan di bidang pertanian.

“Kita akan bentuk ibu ibu tani disetiap kecamatan, kemudian akan dilatih memanfaatkan sumber alam sesuai potensi wilayah masing masing”, jelasnya. (*)


div>