SENIN , 28 MEI 2018

Manchester United Jumpa Ajax di Final Liga Europa

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 12 Mei 2017 10:32
Manchester United Jumpa Ajax di Final Liga Europa

Gol Marouane Fellaini membantu Manchester United memastikan tiket final Liga Europa. foto: twitter @EuropaLeague

JAKARTA – Final Liga Europa 2016-2017 menghadirkan duel dua tim tradisional di Benua Biru, Manchester United melawan AFC Ajax. Keduanya lolos ke partai puncak usai melewati rintangan tak mudah pada semifinal kedua, Jumat (12/5) dini hari WITA.

Manchester United tetap berhak melaju ke final meski hanya bermain 1-1 melawan Celta Vigo pada leg kedua di Stadion Old Trafford. Secara agregat, Manchester United unggul 2-1 atas Celta Vigo.

Bertindak sebagai tuan rumah, Manchester United sedianya diperkirakan akan menang mudah karena sudah membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui gol Marouane Fellaini. Pemain jangkung asal Belgia itu menanduk bola masuk ke gawang Celta Vigo setelah memanfaatkan umpan Marcus Rashford.

Namun setelahnya, Celta Vigo mampu memberi perlawanan sengit. Mereka mencoba membalas dengan melancarkan serangan ke pertahanan Manchester United. Akan tetapi, skor tetap 1-0 untuk Manchester United hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Celta Vigo semakin gencar melakukan serangan demi menciptakan gol. Beberapa kali gawang Manchester United yang dikawal Sergio Romero harus mendapatkan ancaman dari Iago Aspas, John Guidetti, maupun Pione Sisto.

Perjuangan tim tamu membuahkan hasil lima menit jelang waktu normal berakhir. Umpan silang Theo Bongonda disambut sundulan Facundo Roncaglia yang bersarang di pojok gawang Manchester United. Skor 1-1 membuat Celta Vigo semakin bersemangat mencetak gol kedua yang bisa mengantarkan mereka ke final.

Tensi pertandingan memanas setelah kedua tim harus bermain dengan sepuluh pemain pada menit ke-87. Roncaglia dan Eric Bailly terlibat perselisihan yang membuat wasit asal Rumania, Ovidiu Hategan, mencabut kartu merah bersamaan.

[NEXT-RASUL]

Pada sisa waktu, jual beli serangan tersaji. Celta Vigo kian gencar menekan, sedangkan Red Devils coba menjaga keunggulan dengan sesekali melancarkan serangan balik. Namun, hingga laga tuntas, skor imbang 1-1 tak berubah. Manchester United lolos dengan agregat 2-1.

Manchester United akan menghadapi Ajax yang menang agregat 5-4 atas Olympique Lyonnais pada semifinal lainnya. Serupa dengan Manchester United, perjuangan AJax pun tak mudah untuk merebut tiket ke partai puncak.

Mengantongi modal kemenangan 4-1 pada leg pertama di Amsterdam ArenA, Ajax diprediksi akan mudah melewati Lyon. Apalagi, pada leg kedua di Stade des Lumieres, Jumat (12/5) dini hari WITA, tim tamu pun unggul lebih dahulu pada menit ke-27 melalui gol Kasper Dolberg.

Gol itu membuat keunggulan agregat Ajax melebar menjadi 5-1. Namun, Lyon ternyata tak patah arang. Dua gol Alexandre Lacazette pada pengujung babak pertama menjadi titik balik upaya Lyon untuk bangkit.

Pada babak kedua, Lyon semakin gencar menekan demi menambah gol. Namun, gol ketiga baru lahir pada menit ke-81 melalui Rachid Ghezzal. Tiga menit setelahnya, Ajax harus bermain dengan 10 orang menyusul kartu kuning kedua Nick Viergever.

Sial bagi Lyon. Perjuangan mereka harus berakhir pada gol ketiga. Mereka gagal mencetak satu gol tambahan untuk menyamakan agregat, atau dua gol untuk memastikan tiket ke final. Ajax, meski kalah 1-3, tetap berhak lolos dengan agregat 5-4.

Ajax akan menantang Manchester United pada laga final yang berlangsung di Friends Arena, Solna, 24 Mei 2017. Bagi Manchester United, ini menjadi final pertama mereka di Liga Europa. Sementara, Ajax menjadis atu dari delapan tim yang pernah tampil dalam 10 laga final kompetisi Eropa. (jpg)


div>