SELASA , 12 DESEMBER 2017

Mandat Parpol Rawan Berubah

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 25 Oktober 2017 10:55
Mandat Parpol Rawan Berubah

Dok. RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Rekomendasi dukungan parpol terhadap kandidat calon kepala daerah ternyata tak semuanya bersifat mengikat. Perubahan dukungan masih bisa terjadi, terutama bagi bakal calon bupati dan wali kota yang belum menentukan pasangannya.

Berdasarkan data yang dihimpun, sekitar empat parpol yang sudah menentukan usungan, namun sifatnya hanya sementara dan bisa berubah. Seperti PKS dan PPP di Pilwalkot Makassar, PKB dan Hanura di Pilkada Pinrang, Gerindra di Sinjai, dan dukungan Hanura di Palopo.

Ketua DPD Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani (IMB), memastikan bila partainya akan memberikan rekomendasi usungan kepada Andi Seto Gadhista Asapa untuk bertarung di Pilkada Sinjai 2018 mendatang. Andi Seto menempati urutan tertinggi dari segi hasil survei.

“Sekali lagi saya tegaskan, Pilkada Sinjai tidak ada nama lain, selain Andi Seto yang diusung Gerindra,” tegasnya, Selasa (24/10) kemarin.

IMB juga membeberkan soal usungan Gerindra di pilkada serentak 12 kabupaten/kota se Sulsel. Menurutnya, hingga saat ini, sisa tiga daerah dalam proses penyelesaian, yakni Luwu, Sidrap dan Wajo. Rekomendasi Gerindra tidak seperti beberapa partai lain yang menerbitkan terlebih dahulu surat tugas kepada kandidat.

“Hampir di 12 kabupaten/kota akan mengusung kandidat di pilkada, cuma masih ada tiga kabupaten yang masih dalam proses penyelesaian. Ini akan kita selesaikan secepatnya,” pungkasnya.

Sementara, Sekretaris DPD Hanura Sulsel, Affandy Agusman Aris, menuturkan, saat ini memang Hanura belum menentukan jagoan di Pilkada Serentak 2018 mendatang. Hanura telah menyiapkan beberapa kader untuk didorong maju di beberapa daerah, diantaranya Jeneponto, Sinjai, termasuk Makassar dan Palopo.


div>