JUMAT , 19 JANUARI 2018

Mantan Wakapolri Desak Kabareskrim Budi Waseso Dipecat

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 24 Januari 2015 11:39
Mantan Wakapolri Desak Kabareskrim Budi Waseso Dipecat

Komjen Oegroseno. (Int)

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM –  Mantan Wakil Kepala Polri, Komjen (Purn) Oegroseno, menyebut tindakan Kepala Bareskrim Irjen Budi Waseso sangat tidak tepat dan tidak etis dalam penangkapan paksa Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto alias BW, kemarin.

Bahkan, tokoh kepolisian yang pernah menjabat Kapolda Sumatera Utara ini juga mendesak pencopotan Budi Waseso dari posisi Kepala Bareskrim yang baru dijabatnya pekan lalu.

Penangkapan BW dilakukan sepekan setelah KPK menetapkan calon Kapolri Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka korupsi. Laporan kasus yang dikenakan kepada BW pun sebetulnya sudah sempat dicabut oleh pelapornya, namun kemudian dilaporkan lagi pada 15 Januari lalu.

Oegroseno, menegaskan, pencopotan Budi Waseso dari jabatannya merupakan konsekuensi dari penangkapan tidak sah atas Bambang Widjoyanto.

“Saya  melihat apa yang terjadi saat ini atas penangkapan dilakukan aparat Bareskrim Polri terhadap Wakil Ketua KPK  Bambang Wijayanto tidak etis. Tindakan Kabareskrim Polri Irjen Budi Waseso itu tidak benar,” tegas Oegroseno, melalui pesan singkatnya.

Ia juga meminta Irjen Budi Waseso tidak mengalami kenaikan pangkat. Alasannya, Surat Keputusan (Skep) pengangkatan Budi sebagai Kabareskrim Polri diduga cacat hukum sebab tidak ditandatangani Kapolri. [rmol]


div>