SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Mapan Itu Tak Perlu Gaduh

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 04 April 2017 10:00
Mapan Itu Tak Perlu Gaduh

ASEP/RAKYATSULSEL BINCANG SANTAI. Bakal Calon Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo berbincang sambil ngopi dengan Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi di Cafe Panbaker's, Jl AP Pettarani, Selasa (7/2).

Siapa bilang politik itu abu-abu! PAN terbukti bersikap tegas sejak awal. Ichsan Yasin Limpo menjadi figur calon gubernur yang didukung PAN dalam Pilgub Sulsel 2018.

Laporan: Lukman

Sikap gentelmen yang membuktikan kemapaman PAN di tengah dinamika politik Sulsel menjelang Pilkada 2018. Dukungan siap terdepan dalam pemenangan IYL disampaikan Ketua Umum Zulkifly Hasan pada momentum pelantikan pengurus DPW dan DPC Kabupaten/Kota yang digelar serentak, Maret 2017 lalu.

Pilihan politik realistis, kebulatan telad tanpa transaksional. Keputusan mengusung dan atau mendukung IYL, disampaikan tanpa bargaining politik apapun. Tak ada keharusan mahar dan atau kewajiban menggandeng kader PAN sebagai cawagub.

Di Sulsel, PAN memiliki modal signifikan dalam pemenuhan syarat pengusungan hingga pemenangan pasangan calon gubernur-wagub. Di lembaga legislatif, Parpol berlambang matahari terbit ini meraih sembilan kursi atau setara 10,6 persen.

Perolehan suara PAN untuk kepentingan Pilkada 12 Kabupaten/Kota di Sulsel, juga sangat signifikan. Yakni menjadi parpol peraih kursi terbanyak di DPRD Enrekang dan sebagai parpol papan atas di Jeneponto, Parepare, Luwu dan Bone.

Keputusan DPP PAN direspons kuat pengurus dan kader PAN hingga di tingkat grassroot. Kerja aksi upaya pemenangan  IYL, kontan mulai dilakukan pengurus PAN di hampir semua kabupaten/kota di Sulsel.

Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi mengatakan, IYL merupakan figur tunggal yang didukung PAN dalam Pilgub Sulsel 2018. “Semua DPC sudah melakukan kegiatab sosialisasi terkait Ichsan Yasin Limpo sebagai bakal cagub Sulsel,” ujar anggota DPRD Sulsel ini.

[NEXT-RASUL]

Beragam alasan logis mengapa PAN bergitu mapan dalam menentukan sikap politik di Pilkada. Selain karena IYL sangat populer di masyarakat, sejumlah kader PAN juga memiliki beragam alasan realistis.

Ketua DPD PAN Sinjai Mappahakkang, mengatakan, ketertarikan PAN mendukung IYL karena figur ini dinilai teruji memiliki pengalaman dan prestasi di bidang pemerintahan. Dua periode memimpin Kabupaten Gowa, IYL dinilai mampu mengukir banyak prestasi dan kemajuan yang mensejahterakan masyarakat secara merata.

Hal sama disampaikan Ketua DPC PAN Parepare, Andi Firdaus Djollong. Politisi yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Parepare ini mengatakan, IYL menjadi figur tepat dalam memastikan keberlanjutan pembangunan di Sulsel.

Jika di Pilgub mapan, bagaimana dengan Pilkada kabupaten/kota. Sejauh ini, belum ada sikap resmi terkait nama balon yang bakal diusung.

Kendati begitu, PAN berpotensi mengukir prestasi kemenangan di Pilkada Kabupaten/Kota pada 2018 nanti. Terutama di lima daerah, dimana PAN tampil sebagai parpol papan atas dalam perolehan kursi legislatif.

Beberapa figur internal yang mewacana maju di Pilkada, antara lain Carlos (Jeneponto), Amran Mahmud (Wajo), Bukhari Kahar Mudzakkar (Luwu), Firdaus Djollong (Parepare) dan Jamaluddin Jafar Jerre atau Jamalauddin Jafar di Pilkada Pinrang. (*)


div>