SABTU , 20 OKTOBER 2018

Maret Pelantikan Bupati, Sekwan Siapkan Anggaran Rp 600 Juta

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 10 Januari 2016 16:25

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Pacsa terpilihnya bupati dan wakil bupati hasil Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu, saat ini sedang dipersiapkan pelantikan, yang rencananya akan dilaksanakan pada Maret 2016 mendatang, bila hasil pilkada di Lutim tidak menimbulkan konflik.

Di Lutim, proses Pilkada berlangsung dengan aman. Demikian pula proses penghitungan suara hingga penentuan pasangan bupati terpilih, semua berlangsung aman dan tidak menimbulkan konflik. Demikian pula pasangan kandidat yang tidak menang, juga telah menerima hasil keputusan KPU, sehingga tidak menimbulkan sengketa politik pasca Pilkada. Dengan demikian, di Lutim dapat dilakukan pelantikan bupati-wakil bupati terpilih pada bulan Maret.

Untuk keperluan pelantikan yang direncanakan pada Maret mendatang, pihak DPRD Lutim mulai melakukan persiapan. Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Lutim juga telah menganggarkan dana persiapan pelantikan tersebut sebesar Rp 600 juta.

“Anggaran pelantikan bupati dan wakil bupati Luwu Timur terpilih 2016-2021 disiapkan sebesar Rp 615 juta. Anggaran ini tertuang dalam APBD pokok tahun 2016,” kata Nurlang, Sekwan DPRD Lutim, Minggu (10/1).

Meski diperkirakan jadwal pelantikan akan dilaksanakan pada Maret, namun Nurlang mengaku masih menunggu kepastian jadwal pelantikan tersebut. “Hingga saat ini kami belum menerima kepastian jadwal pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. Namun demikian penyiapan anggarannya telah dialokasikan dalam APBD sekitar Rp 600 juta,” jelasnya.

Ia menuturkan, untuk kegiatan pelantikan bupati, meliputi belanja bahan perlengkapan lapangan, jasa publikasi, pembayaran honor MC, honor pemandu pemandu lagu, pengamanan, pengawalan dan belanja cetak spanduk, serta makan minum.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil penetapan KPU Lutim, tiga pasangan calon bupati-wakil bupati Lutim adalah calon nomor urut 1 Drs HM Nur Husain-Drs Esra Lamban memperoleh suara sebanyak 45.327 (33,49 persen); calon nomor urut 2 Dr H Badaruddin AP ST MM MAP-Andi Baso Makmur SE memperoleh suara sebanyak 6.452 (4,77 persen) dan calon nomor urut 3 Ir H Muh Thoriq Husler-Irwan Bachri Syam ST memperoleh suara sebanyak 83.570 Suara (61,74 persen).

Dari perolehan tersebut, pasangan nomor urut 3 meraih suara terbanyak, yang oleh KPU Lutim telah ditetapkan sebagai bupati Lutim terpilih untuk periode 2016-2020. Direncanakan, pasangan Thoriq Husler-Irwan Bachri akan dilantik pada Maret mendatang.


div>