SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Maros Koordinasi Perencanaan Kabupaten Sehat

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 19 April 2016 08:16

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Kabupaten Maros kembali mengikuti penilaian penghargaan kabupaten sehat, hal ini terungkap dalam sosialisasi kabupaten sehat pada kegiatan koordinasi perencanaan pembangunan bidang sosial budaya di Gedung Baruga Pamkab Maros, Senin (18/4). 

Sosialisasi ini dipimpin Ketua Forum Kabupaten Sehat Maros Hj Suraida Hatta dengan pemateri Tim Kabupaten Sehat Provinsi Sulsel Muslim Rasyid, Sekda Maros Baharuddin dan Kepala Bappeda Maros Nuralim.

Sekda Maros Baharuddin mengemukakan, program kabupaten sehat dilakukan melalui pendekatan peran aktif masyarakat serta lebih ditekankan pada proses. Untuk mewujudkan penyelenggaraan kabupaten sehat ini, maka diperlukan dukungan kualitas fisik, sosial, serta perubahan perilaku masyarakat.

“Perubahan perilaku tersebut dilakukan melalui peran aktif masyarakat dan swasta serta pemerintah daerah secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkesinambungan, di antaranya melalui sosialisasi perencanaan ini,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Forum Kabupaten Sehat Maros Hj Suraida Hatta menjelaskan, program kabupaten sehat bukan milik dinas kesehatan saja, tetapi milik masyarakat. 

“Kabupaten sehat akan mewujudkan Kabupaten Maros kota yang sehat, bersih, nyaman dan aman,” ujarnya.

Pada tahun 2015 lalu, Maros telah memperolah penghargaan sebagai kabupaten sehat, yakni penghargaan Swasti Saba Padapa. Penghargaan ini diperoleh dengan tiga tatanan yang dinilai, yakni kawasan pamukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan pariwisata sehat, kawasan masyarakat sehat mandiri.

Penilian tatanan tersebut dilakukan pada delapan kecamatan, yakni Marusu, Mandai, Turikale, Tanralili, Simbang, Bantimurung, Maros Baru dan Lau. 

Selanjutnya tahun ini akan direncanakan ditambah dengan dua tatanan yakni tatanan pangan dan tatanan kehidupan sosial, dengan penilian ditambah dua di kecamatan yakni Tompobulu dan Bontoa. 

“Sasaran tahun ini, kita bisa meningkatkan pencapaian kabupaten sehat dari penghargaan penghargaan Swasti Saba Padapa menjadi penghargaan penghargaan Swasti Saba wiwerda.


div>