KAMIS , 24 MEI 2018

Maros Siapkan Rp23 Miliar untuk Perbaiki Irigasi

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 20 Januari 2015 16:59

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak Rp23 miliar dana dianggarkan untuk pembangunan saluran irigasi persawahan di Kabupaten Maros. Pembangunan Irigasi ini rencananya akan dilakukan untuk 16 ribu hektar areal persawahan di kabupaten Maros.

Saluran irigasi ini mulai dibangun dan digelar peletakan batu pertama oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman bersama Komandan Kodim 1422 Maros Letkol Inf Sunarto Selasa (20/1) di areal persawahan desa Alatengae kecamatan Bantimurung.

Menurut Dandim Maros Letkol Inf Sunarto, program pembangunan saluran irigasi persawahan ini merupakan program Kementerian Pertanian bekerjasama dengan TNI. Ini merupakan upaya khusus peningkatan produksi untuk swasembada pangan yang dicanangkan presiden Jokowi.

“Ini program nasional, untuk Maros akan dilakukan perbaikan jaringan irigasi yang mengcover 16 ribu hektar areal persawahan. Jadi kalau tingkat kabupaten kerjasama antara Pemda dan Kodim,” ujar Dandim usai peletakan batu pertama jaringan irigasi.

Sementara itu, Bupati Maros HM Hatta Rahman mengatakan Pemkab Maros sendiri menyiapkan anggaran sebesar Rp4 Miliar untuk program ini.
Menurutnya, saat ini ada 7 ribu hektar sawah yang melakukan sistem IP 300 atau musim tanam/panen tiga kali setahun. Sedangkan tiga sampai empat ribu hektare sawah masih tadah hujan.


div>