RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Marwan Jafar: Dana Desa Bakal Cair Bulan April

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Minggu , 18 Januari 2015 22:45

BOGOR, RAKYATSULSEL.COM- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi berencana untuk mengucurkan dana desa sebesar Rp 240 juta hingga Rp 270 juta bagi pembangunan desa pada April nanti.

Itu diungkapkan,  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar.

Ia mengungkapkan, pemerintah mengalokasikan dana Rp 20 triliun pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015 yang dialokasikan bagi 74 ribu desa.

“Setiap desa akan mendapatkan Rp 1,4 miliar. Kemudian akan diberikan secara bertahap. Dimana tahap pertama, diberikan pada April sebesar Rp 240 hingga Rp 270 juta,” jelasnya saat blusukan ke Kampung Cangkrang, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Minggu (18/1/2015).

Marwan menuturkan, dengan adanya Insentif anggaran desa ini diharapkan mampu dikelola secara akuntable dan tepat sasaran untuk menunjang perekonomian di desa. Ia optimis jika ke depannya, desa akan mampu tampil menjadi sentra-sentra baru pertumbuhan ekonomi nasional.

“Terkait pengawasan, kementerian juga akan membentuk tim guna memonitor sejauh mana penggunaan anggaran tersebut terserap,” paparnya.

Selain itu, untuk mendorong terciptanya Desa Mandiri, Marwan berharap setiap desa dapat mendirikan usaha desa yang dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM Des). (lptonl)


div>