SENIN , 10 DESEMBER 2018

Masa Jabatan Pimpinan DPD Periode Sekarang tidak Bisa Dikurangi

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 12 April 2016 10:15

RAKYATSULSEL.COM – ‎Ketua DPD RI Irman Gusman tidak mempermasalahkan aspirasi yang menyuarakan masa jabatan pimpinan DPD diperpendek menjadi 2,5 tahun dari yang selama ini 5 tahun. Tetapi, kata dia, aspirasi itu baru bisa dilaksanakan pada periode mendatang.

“Keputusan Paripurna yang kedua pada 2 Oktober 2014 lalu telah menyatakan pimpinan DPD itu 2014-2019. (2,5 tahun) seperti itu kan jadi melanggar UU MD3. Jadi nggak mungkin itu,” kata Irman di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (11/4).

Apalagi, lanjut Irman, pemilihan anggota DPD dilakukan secara konvensional melalui Pemilu ‎yang diadakan lima tahun sekali.

“Jadi aspirasi bisa diterima tapi sepanjang tidak melanggar UU MD3. Sebab, apapun tatib DPD tidak boleh bertentangan dengan UU,” tegas Senator asal Sumatera Barat ini.

Irman menambahkan, kalau tidak bisa mencari rumusan yang baik tentu bisa menanyakan ke lembaga yang memiliki kompetensi untuk menafsirkan.

“Memberikan nasihat pertimbangan Mahkamah Agung melalui fatwanya, itu yang menurut saya paling elegan,” tukasnya.

Diketahui, kursi pimpinan DPD digoyang sendiri oleh anggota DPD yang meminta masa jabatan pimpinan diperpendek menjadi 2,5 tahun dari yang selama ini 5 tahun. (rmol)


Tag
div>