SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Masa Tanggap Darurat Berakhir, Pengungsi Bisa Balik ke Rumah

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 18 Mei 2017 11:34
Masa Tanggap Darurat Berakhir, Pengungsi Bisa Balik ke Rumah

Warga Desa Maliowo, Kecamatan Angkona, Luwu Timur, mulai melakukan ativitas lagi usai diterjang tanah longsor, beberapa waktu lalu. foto: rahim/rakyatsulsel.

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Hari ini adalah batas akhir masa tanggap darurat bencana longsor di Luwu Timur. Oleh karena itu, warga Dusun Harapan, Desa Maliowo, Kecamatan Angkona, Luwu Timur, yang mengungsi sudah bisa kembali ke rumah mereka masing-masing.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur, Muhamad Zabur, Kamis (18/5), menjelaskan, untuk korban longsor yang rumahnya hancur lebur, ini akan dibahas seperti apa langkah yang akan diambil.

“Ini harus dibicarakan, tempat tinggal merekakan sudah hancur, sementara kita belum bangunkan rumah untuk mereka, inilah yang harus dipikirkan, apakah mereka akan dibangunkan rumah tetap di tempat semula, atau ada lokasi lain,” ujar Zabur.

Ada sekira 16 rumah rusak parah akibat dihantam longsor. Inilah yang akan dibantu pemerintah agar para korban bisa tetap memiliki tempat tinggal.
“Kami lagi berkoordinasi, yang mana saja yang masuk tanggung jawab Pemerintah Luwu Timur, yang mana provinsi dan yang mana pula yang bisa dibantukan pemerintah pusat,” jelasnya.

Zabur mengatakan, secara umum penanganan bencana longsor di Lutim berjalan sesuai harapan, semua berjalan cepat dan tepat, sehingga di lapangan tidak ditemukan ada korban yang diterlantarkan, termasuk kebutuhan para relawan yang bertugas memulihkan situasi.

Saat ini bantuan masih terus berdatangan ke pokso induk dan penyalurannya juga sudah tepat sasaran. Untuk bantuan ini meski masa tanggap darurat bencana sudah berakhir, tapi penyaluran bantuan pangan kepada parakorban tetap dilakukan. “Nanti itu tugasnya kepala desa yang terus menyalurkan bantuan kepada para korban, dan kami juga tetap mengawasinya,” kata Zabur.

Jalur transportasi juga sudah lancar, dimana kendaraan sudah bebas melewati daerah bencana longsor, namun tetap dalam kecepatan rendah. Petugas Pemadam Kebakaran sudah melakukan penyemprotan jalan karena daerah longsor sempat dipenuhi dengan debu. (***)


div>