MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Masalah Capres

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Jumat , 31 Agustus 2018 23:32
Masalah Capres

int

Riuh ramainya berdebatan topik calon presiden (capres) telah menghiasi media-media online, termasuk media sosial seperti whatsapp tiap saat, siang dan malam. Terkadang panas, tegang, dan saling menyerang dengan berbagai postingan yang diyakini mendukung capres yang didukung. Valid atau sahihnya informasi, foto, dan video, itu urusan belakangan.

Saya termasuk orang yang percaya bahwa kedua atau salah satu pasangan capres bakal menghadapi masalah-masalah internal yang timbul.

Jenis masalah yang bisa timbul seperti adanya kelompok pembelot di partai pengusung, terjadinya rivalitas antar petinggi partai pengusung dan tim sukses, munculnya deklarasi kelompok orang berpengaruh, munculnya gugatan korban dan kasus-kasus masa lalu, mogoknya mesin partai pendukung, tim sukses dan relawan karena masalah logistik dan biayai operasional, maraknya berita burung (hoax), munculnya permainan isu dan pembentukan opini, dan berbagai bentuk masalah lainnya.

Benih-benih masalah pasangan capres seperti itu mudah muncul atau sengaja dimunculkan. Setiap masalah yang muncul, mudah disulut dan diprovokasi oleh pihak lawan atau media. Akibatnya, pasangan capres bisa merana, sibuk memadamkan masalah internal yang tak kunjung selesai. Ancaman kekalahan di depan mata.

Dua pasangan capres telah disahkan oleh Komisi Pemlihan Umum (KPU), Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Mereka akan dipilih pada April 2019.

Siapakah pasangan capres yang bakal memiliki banyak masalah internal?. (*)

Oleh
M Saleh Mude

Sekjend Kebugis Sidrap


Tag
  • M Saleh Mude
  •  
    div>