SELASA , 17 JULI 2018

Masjid 99 Kubah Dilaunching Maret

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 24 Februari 2018 09:00
Masjid 99 Kubah Dilaunching Maret

Rancangan Masjid 99 Kubah di Makassar.( Dok. RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), menyampaikan, Masjid 99 Kubah yang dibangun di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) akan dilaunching Maret mendatang. Masjid ini diklaim sebagai masjid termegah di Asia.

“Masjid ini didesain oleh Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, yang sekarang maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Sementara dibangun, doakan akan launching awal Maret,” kata SYL, usai melaksanakan Salat Jumat di Masjid HM Asyik Jalan AP Pettarani, Jum’at (23/2).

Sementara, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (PSDACKTR) Sulsel, Andi Darmawan Bintang, mengatakan, progres ini mencakup sejumlah infrastruktur, seperti kubah utama yang telah dilakukan pemasangannya sejak Januari lalu. Untuk itu, ditarget semua kubah bisa selesai hingga Maret nanti.

“Sekarang 98 persen lebih. Intinya struktur bahan sudah di lapangan semua. Sekarang sudah naik semua kubahnya, kubah utama juga sudah naik. Secara bersamaan strukturnya juga sudah dipasang, serta 42 kubah kecil sudah dinaikkan pada hari yang sama,” ungkapnya.

Pengerjaan ini, lanjutnya, dinilai lamban karena pihak kontraktor sudah memasuki masa perpanjangan waktu. Artinya, akan kena denda sesuai aturan yang berlaku.

“Karena ada denda lantaran batas target tidak selesai, maka periode kontrak sampai tanggal 2017 bertambah 50 hari untuk perpanjangan pertama dilakukan. Menurut peraturannya bisa sampai 90 hari, tapi kita minta batas hingga 50 hari,” paparnya.

Ia menjelaskan, keterlambatan ini menjadi tanggungan kontraktor, maka lebih bagus baginya jika targetnya dipercepat. “Inilah resikonya dia, makanya kena denda, dari awal Januari sampai pertengahan kemarin hujan juga jadi terhambat. Nanti kita lihat selanjutnya,” ungkapnya.

Diketahui, proyek ini menghabiskan anggaran Rp 170 miliar untuk penyelesaian tahap satu dan dua dari APBD 2017. Untuk tahun ini, pihaknya menganggarkan sebesar Rp 110 miliar, namun yang dikabulkan oleh DPRD hanya sebesar Rp 60 miliar.

Masjid CPI 99 Kubah yang dimulai pengerjaannya di awal Mei tahun lalu ini diklaim mampu menampung 13.075 jemaah. Selain kubahnya yang mencolok, masjid ini juga akan menampilkan air mancur yang bergerak dangan dukungan lampu warna-warni yang akan nampak indah di malam hari. (*)


div>