KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Masrur Makmur Silaturahmi dengan Masyarakat Kaluppini

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 17 April 2017 16:25
Masrur Makmur Silaturahmi dengan Masyarakat Kaluppini

int

RakyatSulsel.com – Kaluppini berada dalam wilayah Kecamatan Enrekang yang terletak di wilayah Pegunungan Latimojong. Dengan demikian, mayoritas wilayah Kaluppini berupa relif gunung dengan ketinggian yang beragam. Perjalanan Pak Masrur ke Kaluppini cukup sulit karena kondisi jalanan yang terjal dan sempit. Namun rombongan terbantu dengan adanya sebagian jalanan yang sudah di beton.  Kondisi di lapangan membuat rombongan menempuh perjalanan sekitar 3 jam, dari Kota Enrekang. Rombongan baru tiba pada saat pukul 17.00 WITA atau bertepatan dengan shalat magrib.

Pak Masrur dan rombongan disambut dengan adanya kegiatan masyarakat di rumah adat. Daerah Kaluppini sangat terkenal sebagai daerah adat. Bahkan AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara) menjadikan daerah ini sebagai daerah adat. Meskipun demikian, masyarakat Kaluppini juga dikenal dengan masyarakat yang religius. Dengan kata lain, mereka terkenal dengan perpaduan antara agama dan adat istiadat. Ajaran agama dan ritual adat berjalan bersamaan tanpa ada gesekan. Hal ini membuat banyak sekali kegiatan yang dijalankan di masyarakat Kaluppini yang cukup meriah.

Sebelum acara adat dan agama dilaksanakan shalat Magrib secara berjamaah. Pada kesempatan itu Pak Masrur diberikan posisi sebagai imam. Masyarakat Kaluppini  yang hadir sangat banyak. Dalam acara tersebut masyarakat Kaluppini menyembeli satu ekor sapi. Setelah melakukan shalat berjamah Pak Masrur diberikan kesempatan untuk cerama. Masyarakat Kaluppini cukup antusias dalam mendengarkan ceramah.

Dalam acara tersebut, Pak Masrur menyampaikan pentingnya mensinerjikan antara ajaran agama dan adat dalam mensukseskan pembangunan Kabupaten Enrekang. Nilai adat adalah identitas masyarakat Kaluppini yang membuat beda dengan tempat lain di Kabupatn Enrekang. Nilai adat ini menjadi poin tambahan bagi masyarakat Kaluppini. Dengan kata lain, kondisi ini bisa dijadikan sebagai destinasi pariwisata. Dengan demikian, akan menambah penghasilan masyarakat Kaluppini. Adanya tambahan penghasilan bisa mengantarkan masyarakat mencapai kesejahteraan. Pak Masrur ingin sukses seperti yang dilakukan oleh Toraja. Namun kesuksesan itu ditentukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Daerah.

Penyampaian Pak Masrur disambut baik oleh masyarakat dan pemangku adat Kaluppini. Mereka menganggap hal ini sebagai jalan alternatif  untuk kebaikan masyarakat Kaluppini yang selama ini masih tertinggal dibanding dengan daerah lain di Enrekang. Pada akhirnya pertemuan, mereka menyampaikan siap mendukung setiap rencana yang dilakukan oleh Pak Masrur. Bahkan tokoh masyarakat dan adat Kaluppini mengukuhkan diri utuk mendukung nantinya pada pemilihan Bupati 2018.  Mereka berikrar untuk siap mensukseskan Pak Masrur dalam Pemilihan Bupati 2018.


div>