MINGGU , 16 DESEMBER 2018

Masukan Narkoba Dalam Coklat, 9 WNA Diringkus

Reporter:

rakyat-admin

Editor:

Kamis , 14 April 2016 13:23
Masukan Narkoba Dalam Coklat, 9 WNA Diringkus

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto memperlihatkan barang bukti narkoba dan tersangkanya. Elfany Kurniawan/JawaPos.com

RakyatSulsel.com — Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya mengungkap peredaran narkoba dari jaringan kawanan warga negara asing (WNA). Sembilan WNA yang diamankan itu berasal dari berbagai negara.

Modus operandinya dengan memasukan narkoba ke dalam coklat. Lantas narkoba itu dikirimkan dari Tiongkok dan dikirim ke Indonesia.

Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto menyebutkan, kesembilan tersangka dibekuk dalam tempo empat minggu dari operasi bersinar. Mereka berasal dari Guangzhou (Tiongkok), Malaysia, Nigeria, Iran, Malaysia dan Jakarta.

“Ini merupakan kasus yang sangat menonjol tindak pidana narkotika yang ada di Jakarta,” tuturnya‎ kepada wartawan Rabu (13/4) di depan Main Hall Polda Metro Jaya.

Mantan Kapolda Jawa Barat itu menambahkan, pelaku dalam mengelabui petugas dengan cara memasukan sabu-sabu cair 44,46 kilogram dan dikemas dalam kaleng lem merk Bel.

Selain itu juga sabu kristal yang dikemas dalam bungkus cokelat sebanyak 44 kotak seberat 13,96 kilogram.

“Kotak coklat itu mereknya Ferrero Rocher. Semua dikirim dari Tiongkok dengan jasa ekspedisi. Ini jika diuangkan sekitar Rp 2 miliar lebih dan dapat menyelamatkan 526.323 jiwa,” tuturnya.

Atas perbuatannya, kesembilan pelaku akan dikenakan pasal 112 dan 114 KUHP tentang penyalahgunaan narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati dan seumur hidup. (elf/JPG)


div>