RABU , 19 SEPTEMBER 2018

Masukkan Gugatan ke PTUN, Eks KPU Palopo Mencari Keadilan

Reporter:

Fahrullah

Editor:

Iskanto

Selasa , 04 September 2018 16:33
Masukkan Gugatan ke PTUN, Eks KPU Palopo Mencari Keadilan

Komisioner KPU Palopo tak terima dipecat.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Lima mantan komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo terus mencari keadilan. Hal itu setelah Dewan Kehormatan Komisi Pemilihan (DKPP) melakukan pemencatan terhadap mereka beberapa waktu lalu.

Mereka adalah Ketua KPU Palopo Haedar Djidar, dan tiga anggota komisioner lainnya yakni Muhammad Amran Annas, Faisal Sos dan Faisal Mustafa. Satu lagi komisioner, Syamsul Alam, lebih dulu mengundurkan diri sebelum keluar keputusan pemecatan dari DKPP karena dia maju sebagai bacaleg.

Eks KPU Palopo ini, selain mencari keadilan dengan melaporkan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) kota Palopo dan DKPP, ke Ombudsman. Kini mereka akan mencari keadilan dengan cara melakukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negera (PTUN) Makassar dalam waktu dekat ini.

“Yang jelas dalam waktu dekat ini kita akan masukan gugatannya (Ke PTUN),” kata Eks ketua KPU Palopo Haedar Djidar. saat dikofirmasi, Selasa (4/9).

Dirinya belum bisa memastikan waktu dan tanggal kapan dimasukan ke PTUN, karena menurut Haedar saat ini sementara menyusun gugatan mereka. “Nanti kami sampaikan kalau sudah lengkap,” lanjutnya.

Memasukan gugatan ke PTUN, karena pihaknya menginginkan agar putusan DKPP tersebut dibatalkan demi memulihkan nama baik mereka. “Paling utama adalah memulihkan nama baik kami yang diberhentikan,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, lima eks komisoner KPU Palopo tersebut diberhentikan karena dianggap tidak mengikuti putusan Bawaslu kota Palopo. Dimana calon petahan Judas Amir diminta untuk didiskualifikasi.

Namun adanya edaran yang dikeluarkan oleh Dirjen otonomi daerah jika mutasi yang dilakukan oleh Judas pada waktu itu sudah sesuai peraturan. (*)


Tag
  • DKPP
  •  
  • KPU Palopo
  •  
    div>