SENIN , 22 OKTOBER 2018

Masyarakat Desa Terpencil sekali pun Bisa Bertransaksi Online

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 18 Maret 2016 14:35

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM – Aktivitas ekonomi sistem tunai saat ini, lambat laun akan hilang dengan peradaban teknologi yang kian maju. Sistem transaksi tunai kini sudah mulai tergantikan dengan aplikasi secara online. Pihak perbankan pun telah banyak menyediakan infrastruktur yang dapat menfasilitasi hingga desa terpencil sekalipun.

Hal itu dikatakan Sekda Pinrang, Syarifuddin Side, saat membuka sosialisasi Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) dan Kegiatan Menabung bagi Pelajar, yang dilaksanakan Bank BRI Cabang Pinrang melalui program BRILink di Aula Kantor Dinas Koperasi dan UKM Pinrang, Kamis (17/3) kemarin.

Syarifuddin mengatakan, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, ini sangat membantu aktifitas perekonomian masyarakat hingga ke pelosok-pelosok desa. Karena itu, Pemkab Pinrang membuka akses seluas-luasnya terkait perizinan usaha dengan memutus alur lebih singkat. Diharapkan, dengan sistim itu aktifitas ekonomi masyarakat lebih menggeliat disertai aplikasi media online.

Pimpinan BRI Cabang Pinrang, Abduh Tuasikal menegaskan, Bank BRI merupakan satu-satunya lembaga perbankan yang punya akses sampai ke pelosok desa. Di setiap kecamatan punya unit, bahkan dengan penempatan agen BRILink di tiap desa akan lebih memudahkan masyarakat bertransaksi finansial. Hasilnya sama jika bertransaksi di BRI Unit atau cabang.

Abduh mengatakan, IUMK adalah bentuk kemudahan perizinan dari pemerintah daerah yang sangat efektif untuk memudahkan aktifitas ekonomi bagi kalangan pengusaha mikro dan kecil. Proses pengurusan perizinan hanya sampai kecamatan, masyarakat akan terbantu dalam aspek perizinan.

Hal penting lainnya, menurut Abduh, adalah menumbuhkan budaya menabung bagi pelajar mulai dari SD sampai lanjutan atas. Program ini akan sangat membantu anak agar tidak bersifat konsumtif dan efektif membantu anak dan orang tua dalam menyiapkan dana untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi.

Ketfot: PimpinanBRI Cabang Pinrang, Abduh Tuasikal saat sosialisasi IUMK dan Kegiatan Menabung bagi pelajar, yang dibuka Sekda Syarifuddin Side.


Tag
  • BRILink
  •  
    div>