SENIN , 22 OKTOBER 2018

Masyarakat Diajak Pecahkan Permasalahan Lalu Lintas

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 24 September 2012 13:18
Masyarakat Diajak Pecahkan Permasalahan Lalu Lintas

AKBP Lafri Prasetyono, Kasat Lantas Polrestabes Makassar

AKBP Lafri Prasetyono, Kasat Lantas Polrestabes Makassar

BERBAGAI kegiatan dilakukan oleh Satuan Polisi Lalu Lintas dalam memperingati hari ulang tahunnya ke-57. Termasuk, kegiatan sosial. Kegiatan ini, salah satu tujuannya untuk meningkatkan citra positif kepolisian, terutama lalu lintas, di mata masyarakat.

Polantas juga bertekad akan terus membangun komunikasi dengan masyarakat dan membuat kegiatan sosial. “Untuk pencitraan kepolisian, utamanya kami dari Lalu Lintas yang setiap hari bersentuhan langsung dengan masyarakat berusaha untuk mendekatkan diri pada masyarakat, salah satu langkah yang kami tempuh dengan membuat kegiatan sosial agar memberikan manfaat positif bagi masyarakat secara langsung,” terang AKBP Lafri Prasetyono, Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polrestabes Makassar.

Selain itu, katanya, dalam kegiatan ini pihaknya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut memecahkan permasalahan-permasalahan lalulintas di Makassar. “Karena biar bagaimanapun juga, permasalahan itu tentu tidak akan berhasil diselesaikan sendiri oleh Kepolisian, tentu masyarakat juga harus ikut terlibat. Misalnya yang belakangan ini marak yakni balap liar, itu bisa ditangani oleh orang tua para pelaku balapan liar dengan mengontrol anaknya,” jelasnya.

Berikut wawancara Harian Rakyat Sulsel dengan AKBP Lafri Prasetyono.

 

+ Dalam acara peringatan hari ulang tahun Polantas yang ke-57 tahun, apa tujuan yang ingin dicapai oleh kepolisian, terutama dengan menggelar berbagai kegiatan sosial?

– Sebenarnya ini adalah perintah Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Mudji Waluyo. Kegiatan ini adalah kegiatan Polda Sulselbar namun kami dari Polrestabes Makassar diberikan amanah untuk menjalankan semua kegiatannya. Tujuan kami di sini, bagaimana agar masyarakat dapat bekerjasama. Ini juga bertujuan untuk lebih mendekatkan instansi kepolisian dengan masyarakat pada umumnya.

 

+ Seperti yang diketahui citra polisi utamanya Lalu Lintas di mata masyarakat agak berkurang, apakah dengan kegiatan ini ada upaya untuk memperbaikai pandangan itu?

– Untuk pencitraan kepolisian, utamanya kami dari Lalu Lintas yang setiap hari bersentuhan langsung dengan masyarakat berusaha untuk mendekatkan diri pada masyarakat. Salah satu langkah yang kami tempuh dengan membuat kegiatan sosial agar memberikan manfaat positif bagi masyarakat secara langsung.

 

+ Selain itu?

– Dalam kegiatan ini kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut memecahkan permasalahan-permasalahan lalulintas di Makassar, karena biar bagaimanapun juga permasalahan itu tentu tidak akan berhasil diselesaikan sendiri oleh Kepolisian, tentu masyarakat juga harus ikut terlibat. Misalnya yang belakangan ini marak yakni balap liar, itu bisa ditangani oleh orangtua para pelaku balapan liar dengan mengontrol anaknya.

 

+ Apakah HUT kali ini ada sistem-sistem tertentu yang diubah oleh Polantas untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak pandangan masyarakat terhadap polisi?

– Tidak ada yang diubah, kita tetap mengacu pada SOP, tetap berdasarkan pada undang-undang dan aturan yang berlaku. Kalau mengenai pelanggaran-pelanggaran yang sering ditemukan, tentu setiap instansi ada yang tidak beres anggotanya. Namun, usaha kami untuk menghilangkan itu adalah dengan mengintrospeksi anggota kami, memperbaikai diri masing-masing. Kami akan melakukan evaluasi agar pelanggaran itu dapat tertekan. (RS8/D)


Tag
div>