KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Masyarakat Diimbau Lakukan Pembibitan Ikan Air Tawar

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 14 September 2017 22:40
Masyarakat Diimbau Lakukan Pembibitan Ikan Air Tawar

Bupati Tana Toraja, Nico Biringkanae menyerahkan bibit ikan secara simbolis kepada masyarakat Makale Utara yang diwakili Camat Makale Utara, Daniel Papang, Kamis (14/9).

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL.COM – Ditengah maraknya ikan berformalin di pasaran, pemerintah kabupaten Tana Toraja menyebarkan ikan air tawar dibeberapa titik, agar masyarakat bisa lebih mandiri dengan berusaha melakukan pembibitan ikan air tawar.

Dengan penyebaran bibit ikan, pemkab berharap bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk membibit ikan di tempat-tempat yang berair, agar masyarakat tidak lagi mengkonsumsi ikan berformali.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tana Toraja, Nico Biringkanae pada acara launching penyebaran ikan air tawar di Siguntuk Kelurahan Lion Tondok Iring kecamatan Makale Utara, Kamis (14/9).

Ia mengatakan, masyarakat dilatih untuk mandiri dengan melakukan pembibitan sendiri.
“Masyarakat tidak akan diberikan bibit tetapi masyarakat diharapkan bisa melakukan pembibitan dan kemudian masyarakat bisa menjualnya ke pemkab, karena kami ada anggaran setiap tahunnya untuk itu. Dengan ini masyarakat akan lebih mampu mandiri dan bukan menjadi masyarakat yang suka instan saja,” kata Nico.

Tak hanya itu, masyarakat dalam bidang pertanian juga diimbau menerapkan pola tanam semusim seperti yang telah diterapkan masyarakat dari Sanggala Selatan.

“Jika masyarakat ingin menerapkan ini, maka pemkab akan menyediakan alat untuk membajak sawah gratis, karena pemkab melalui Dinas Pertanian telah menyediakan alat,” ujar Nico.

Disamping itu pemkab Toraja juga menyediakan hand traktor dan kultivator yang akan diberikan kepada empat kelompok tani yang ada di setiap kelurahan.


div>