RABU , 21 FEBRUARI 2018

Masyarakat Diimbau Tidak Borong Bahan Pangan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 06 Juni 2017 13:26
Masyarakat Diimbau Tidak Borong Bahan Pangan

Ilustrasi. foto: asep/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sepanjang Ramadan hingga Idulfitri 1438 Hijriah, Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) Kota Makassar mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembelian bahan pangan dalam jumlah besar. Pembelian pangan di luar kewajaran dikuatirkan memicu kenaikan harga.

“TPID Kota Makassar memastikan harga dan stok bahan pangan aman selama bulan Ramadan hingga lebaranl. Jadi masyarakat tidak usah panik dengan memborong dalam jumlah besar stok bahan pangan selama Ramadan,” ucap Kepala Dinas Perdagangan Makassar, Andi Muh Yasir diberitakan Rakyat Sulsel, Selasa (6/6).

Yasir mengatakan, berdasarkan pantauan Disdag Makassar bersama pihak terkait yang tergabung dalam TPID pada beberapa titik pasar tradisional dan pasar modern beberapa waktu lalu, bisa dipastikan harga sembako dan serta stok kebutuhan pangan Kota Makassar relatif stabil dan aman hingga Lebaran Idulfitri nanti.

“Kalau di Makassar, kita pastikan tidak akan ada lonjakan harga, harga stabil, terjangkau dan stok aman,” jelas Yasir.

Pihaknya juga meminta masyarakat agar lebih selektif memilih produk yang akan dibeli. Terutama produk bahan makanan di pasaran.

Sejauh ini, Disdag Makassar telah melakukan upaya mencegah dan meminimalisir beredarnya produk makanan yang mengandung zat berbahaya. Salah satunya yakni, Disdag bersama Tim Terpadu Dinas Kesehatan Kota Makassar akan memperketat pengawasan terhadap bahan pangan dengan cara melakukan sidak di beberapa pasar yang menyediakan takjil buka puasa.

“Jadilah konsumen yang cerdas, teliti barang-barang yang akan dibeli, perhatikan label dan keterangan serta memperhatikan tanggal kedaluwarsa barang yang dikonsumsi. Belilah sesuai kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan,” kuncinya. (***)


div>