SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Masyarakat Gowa Segera Nikmati Layanan BPJS Kesehatan

Reporter:

Editor:

Lukman

Rabu , 06 September 2017 20:12
Masyarakat Gowa Segera Nikmati Layanan BPJS Kesehatan

Ilustrasi BPJS Kesehatan.

GOWA, RAKYATSULSEL.COM – Tim Pengendali Kesehatan Gratis (PKG) terus mematangkan program dengan melakukan pertemuan secara internal dengan pihak BPJS Kesehatan.

Hal tersebut dilakukan sehubungan rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk melakukan integrasi kembali ke BPJS pada Oktober 2017 mendatang. Pertemuan dilakukan di ruang kerja Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, baru-baru ini.

Kedua belah pihak yakni BPJS diwakili dr Unting Patri dan dr Lesti, sedangkan dari tim Pengendali Kesehatan Gratis Gowa hadir Kadis Sosial Syamsuddin Bidol, Kadis Kesehatan dr Hasanuddin, Dirut RSUD Syekh Yusuf, dr Salahuddin dan Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Arifuddin Saeni.

Kadis Sosial, Syamsuddin Bidol mengatakan, terkait dengan kepersertaan yang akan masuk di BPJS nantinya mencapai 119.601 orang. “Pertemuan ini untuk menyamakan persepsi kedua belah pihak agar nantinya tidak ada masalah yang timbul pada penerapannya di lapangan,” ujar Syamsuddin.

Sementara itu, dr Unting mengatakan, pihaknya siap menyelesaikan proses administrasi sebesar 119.601 orang sesuai data yang dimiliki Pemkab Gowa. “Kami dari BPJS akan melakukan proses adminsitrasi secepatnya agar masyarakat dapat berobat dengan mudah,” ujar Unting.

Terkait masyarakat yang masuk kategori miskin dan kurang mampu, tapi belum masuk rekap 119.601 itu, menurut Unting akan melalui proses pengalihan.

“Kalau mereka untuk sementara masuk BPJS mandiri, yang dibiayai sendiri atau pemerintah. Selanjutnya, kemudian dialihkan masuk ke BPJS atas rekomendasi Dinas Sosial,” jelasnya.

Terpisah, Anggota Komisi IV DPRD Gowa, Hj Syamsuharni Taco mengatakan, keterpaduan antara Pemkab Gowa dengan BPJS untuk memfasilitasi warga miskin yang belum terakomodir di kepesertaan sangat bagus.

“Terakomodirnya masyarakat miskin yang belum masuk kepesertaan BPJS merupakan langkah strategis dari Pemkab Gowa dalam memberikan layanan kesehatan bagi rakyat,” tutupnya. (Yusri)


div>