RABU , 19 SEPTEMBER 2018

Masyarakat Luwu Timur Mulai Krisis Air Bersih

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 11 September 2015 16:16

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Ratusan warga Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur mulai mengalami krisis air bersih, sebagai dampak kemarau yang kepanjangan. Musim kekeringan itu sendiri sudah dirasakan warga Malili sejak akhir bulan Agustus.

“Kami kekurangan air bersih, tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sejak 10 hari terakhir ini, kami tidak mendapatkan pasokan air bersih,” ungkap Astin, warga Desa Puncak Indah Kelurahan Malili, Jumat (11/9).

Dia pun mengatakan, sementara ini, untuk kebutuhan mandi, mencuci dan keperluan memasak, mereka hanya bisa mengandalkan air bersih yang disediakan Perusahaan daerah Air Minum (PDAM). Untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, PDAM memasok ke setiap rumah.

“Pasokan air dilakukan PDAM saat ini untuk kebutuhan masak, mandi dan mencuci, tapi itu tidak bisa mencukupi kebutuhan kami,” kata Astin.

Ibu rumah tangga ini pun berharap, Pemerintah Luwu Timur dapat membantu pasokan air bersih untuk masyarakat diperbanyak agar bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga sepenuhnya. Menurut Astin, baru kali ini musim kemarau menyebabkan masyarakat mengalami krisis air bersih.

Menanggapi terjadinya krisis air bersih di tengah masyarakat, Kepala Sub Transportasi dan distribusi PDAM Luwu Timur, Ahmad mengatakan, krisis air bersih yang dirasakan warga Malili kali ini, dikarenakan berkurangnya debit air akibatkan kekeringan.

“Dengan adan keluhaan masyarakat tersebut, kami mulai mendistribusikan air bersih ke sejumlah tempat di empat desa dan kelurahan yang ada di Malili,” jelas Ahmad.

Dia menambahkan, distribusi air bersih dilakukan setiap hari di empat desa dan 1 kelurahan. “Kami melakukan distribusi air bersih mulai pagi hingga malam untuk bisa terpenuhi kebutuhan warga,” katanya.

Ahmad menjelaskan bahwa desa yang paling banyak dilakukan distribusi air bersih adalah Desa Puncak Indah, Desa Baruga, Desa Balantang, Desa Lakawali dan Kelurahaan Malili. “Dalam sehari, PDAM mendistribusi air bersih sekitar 100 ribu liter untuk memenuhi kebutuhan 100 rumah tangga,” tandas Ahmad.


div>